Simak Bun! 5 Tips Agar Tak Ngidam Berlebihan Saat Hamil

Ngidam merupakan salah satu gejala kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil. Ngidam dapat berupa keinginan untuk mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, atau melakukan sesuatu secara berulang-ulang nih Sobat Vero. Ngidam biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan, tetapi dapat juga terjadi di trimester kedua dan ketiga.

Ngidam yang tidak berlebihan biasanya tidak berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Namun, ngidam yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti kenaikan berat badan yang tidak terkendali, gangguan pencernaan, dan bahkan keracunan makanan.

Agar tidak membahayakan simak beberapa tips agar tidak ngidam berlebihan saat hamil!

Menjaga asupan nutrisi yang seimbang

Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dan janin. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, maka ia akan lebih rentan mengalami ngidam berlebihan.

Untuk menjaga asupan nutrisi yang seimbang, ibu hamil dapat mengonsumsi makanan yang beragam, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan protein hewani. Ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral sesuai anjuran dokter.

Menghindari stres

Stres dapat menjadi salah satu faktor yang memicu ngidam berlebihan. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengelola stres dengan baik.

Ibu hamil dapat mengelola stres dengan berbagai cara, seperti olahraga, meditasi, yoga, atau sekadar beristirahat yang cukup.

Menjaga pola tidur yang cukup

Pola tidur yang cukup juga dapat membantu mengurangi ngidam berlebihan. Ibu hamil dianjurkan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam.

Mendengarkan tubuh

Ibu hamil perlu mendengarkan tubuh mereka sendiri. Jika ibu hamil merasa lapar, maka segeralah makan. Jika ibu hamil merasa lelah, maka segeralah beristirahat.

Berkonsultasi dengan dokter

Jika ngidam yang dialami ibu hamil sudah berlebihan dan mengganggu aktivitas sehari-hari, maka ibu hamil perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi ngidam yang berlebihan.

Beberapa tips tambahan untuk mengatasi ngidam berlebihan:

  • Simpan makanan atau minuman yang diidamkan di rumah. Dengan begitu, ibu hamil dapat dengan mudah mengonsumsinya saat ngidam.
  • Berbagi makanan atau minuman yang diidamkan dengan orang lain. Dengan begitu, ibu hamil dapat menikmati makanan atau minuman yang diidamkan tanpa harus mengonsumsinya terlalu banyak.
  • Mencoba makanan atau minuman alternatif. Jika ibu hamil tidak dapat menemukan makanan atau minuman yang diidamkan, maka ibu hamil dapat mencoba makanan atau minuman alternatif yang memiliki rasa atau tekstur yang mirip.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, ibu hamil dapat mengurangi risiko ngidam berlebihan saat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *