Setelah Ghozali, Kini Banyak yang Upload Foto “Tidak Jelas” di OpenSea!

Akhir-akhir ini, terdapat satu anak muda yang memutuskan untuk mengambil selfie dari tahun 2017-2021 dan dimasukkan ke dalam market NFT, yaitu OpenSea. Hingga kini, ia sudah meraup kurang lebih Rp 1 Miliar! Siapa lagi kalau bukan Ghozali. 

Di dalam market NFT yaitu OpenSea, banyak sekali kreator-kreator Digital Art yang mengupload karya-karyanya dalam market tersebut untuk dijual dalam bentuk digital dan dibayar dengan menggunakan salah satu bitcoin yaitu Ethereum atau ETH. 

Namun, berbeda dengan Ghozali yang memutuskan untuk mengupload foto dirinya di dalam OpenSea. Melihat peluang ini, banyak sekali masyarakat yang ingin menjadi “miliarder instan” seperti Ghozali, dan sudah banyak sekali gambar-gambar yang “aneh” hingga “tidak sesuai” yang diupload di OpenSea. Apa saja gambarnya? 

Foto Selfie dengan KTP 

Salah satu jenis foto ini, diupload oleh oknum yang sangat tidak bertanggung jawab, bagaimana tidak data pribadi seseorang yang seharusnya hanya dapat diakses oleh pribadi, hingga instansi pemerintahan kini dapat diakses oleh semua orang. Bahayanya lagi, foto KTP ini dapat diperjualbelikan oleh oknum lainnya seperti di Black Market, dll. 

Foto makanan seperti makanan ringan, hingga gorengan pun diupload!

Foto makanan sudah sangat sering kita lihat di kehidupan sehari-hari, baik di sosial media untuk berjualan, hingga untuk memamerkan hasil jepretan foto yang indah. Di OpenSea, tidak seperti itu. Ada user yang mengupload foto makanan ringan dari Indonesia yaitu Gorengan dengan tujuan untuk meraup keuntungan yang sama seperti Ghozali!

Foto Tanpa Busana, yang mengundang banyak kontroversi baik bagi peminat NFT atau yang bukan

Jenis foto ini sudah mulai ditemukan di OpenSea dan sangat berbahaya karena dapat terjerat pasal UU ITE ataupun Pornografi. Jenis foto ini mengundang banyak perbincangan yang tidak baik di kalangan komunitas NFT ataupun masyarakat umum. 

Fenomena Ghozali ini memang mengundang banyak perhatian orang, dan tidak sedikit orang-orang khususnya di Indonesia yang ingin “kaya mendadak” seperti Ghozali. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang hanya ikut-ikutan atau memang seorang peminat NFT sebelum Ghozali ini pun muncul? 

Tags :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share