Serba Serbi Giveaway! Manfaat, Kekurangan Hingga Trik Mendapatkannya

Siapa di antara kalian pemburu giveaway? Berburu giveaway sah-sah saja kok, malah bisa jadi hal yang menguntungkan jika kalian punya hoki gak abis-abis. Tapi sebenarnya apa ya manfaat, kekurangan dan trik agar dapat giveaway dengan mudah?

Manfaat adanya giveaway

Meningkatkan brand awareness: Salah satu cara promosi yang dinilai cukup efektif adalah mengadakan giveaway, apalagi untuk meningkatkan brand awareness produk atau jasa kalian.

Dengan mereka mengikuti giveaway, besar kemungkinan mereka akan mempelajari seperti apa produk atau jasa yang kalian tawarkan, menjaring pelanggan baru juga bukan hal yang mustahil.

Beriklan dengan murah: Promosi jalur giveaway ini memang menekan cost untuk memasang iklan. Memasang iklan seperti di billboard atau di televisi tentu tidak murah. Dengan mengadakan giveaway, kalian bisa menyesuaikan hadiah apa yang cocok untuk peserta giveaway.

Peluang kolaborasi: Bukan hanya untuk promosi tapi dengan mengadakan giveaway kalian bisa menciptakan peluang untuk berkolaborasi dengan brand lain untuk mengadakan giveaway tersebut.

Jadi misalnya kalian punya brand kosmetik, bisa kerjasama dengan brand makanan jadi beli bundling produk kalian punya kesempatan dapat giveaway sejumlah uang.

Meningkatkan loyalitas pelanggan: Biasanya orang yang langganan produk kalian akan lebih setia jika menang giveaway dari produk kalian. Dengan begitu mereka akan semakin setia menggunakan produk kalian alias semakin loyal.

Kekurangan mengadakan giveaway

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, termasuk mengadakan giveaway, tentu ada risiko yang kalian tanggung walau ada banyak manfaat yang didapatkan.

Audiens “numpang lewat”: mengadakan giveaway harus terima risiko akan ditinggalkan mereka yang hanya ikut saat ada giveaway saja. Apalagi jika kalian memberi syarat untuk follow akun media sosial kalian, bukannya menetap setelah periode giveaway lewat, mereka kembali unfollow kalian.

Permasalah durasi: kadang kalau kalian tidak memperhatikan durasi giveaway bisa-bisa mereka yang ikut tidak maksimal, Jika terlalu singkat, partisipasi akan rendah dan jika terlalu lama, siapa yang mau menanti terlalu lama untuk penasaran kan?

Pihak curang: mengadakan giveaway harus terima risiko bahwa ada oknum-oknum yang curang untuk mengambil keuntungan semata, belum lagi oknum yang mengatasnamakan brand kalian untuk menipu seseorang, jadi perlu hati-hati ketika membuat giveaway.

Jenis-jenis giveaway

Giveaway mandiri

Seperti Namanya, giveaway ini biasa diadakan oleh pemilik brand tersebut. Ketentuan atau syarat untuk mengikuti giveaway pun bisa beragam sesuai keinginan pemilik brand. Pelanggan dan anggaran pemasarannya pun biasanya sudah besar.

Giveaway sponsor

Untuk giveaway semacam ini biasanya melibatkan pihak ketiga dan kalian sebagai pemilik brand hanya membayar atau menyediakan produk untuk dijadikan hadiah giveaway.

Trik dapat giveaway dengan mudah

Temukan giveaway yang belum banyak diketahui orang atau pilih giveaway yang memberi hadiahnya tidak terlalu besar, maka kesempatan menangnya akan semakin besar.

Jika mengincar giveaway yang cukup besar, pastikan kalian mengikuti semua syarat dan ketentuan yang dibuat penyelenggara giveaway. Dengan membaca setiap ketentuan dan syarat membuat kalian lebih menghemat tenaga untuk yang tidak perlu kalian lakukan.

Selain giveaway, kalian juga bisa mengejar bonus kupon atau poin dengan begitu kalian bisa lebih mudah memenangkan hadiah yang lebih besar.

Bagaimana Sobat Vero, sudah semakin percaya diri untuk ikutan giveaway?