Newbie Mau Pakai Lensa Kontak? Simak Tips Jaga Kebersihan Lensa Kontak Ini

Lensa kontak adalah alat bantu penglihatan yang populer karena praktis dan nyaman digunakan. Namun, lensa kontak juga membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kebersihannya.

Jika lensa kontak tidak dibersihkan dengan benar, dapat menyebabkan infeksi mata, iritasi, bahkan kehilangan penglihatan.

Simak beberapa tips menjaga kebersihan lensa kontak bagi para newbie!

Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum menyentuh lensa kontak. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi bakteri dan kuman dari tangan ke lensa kontak.

Gunakan cairan pembersih lensa kontak yang sesuai dengan jenis lensa kontak. Cairan pembersih lensa kontak berfungsi untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan protein dari lensa kontak.

Bilas lensa kontak dengan cairan pembersih sebelum memakainya. Hal ini penting untuk memastikan lensa kontak bersih dan steril.

Simpan lensa kontak di wadah yang bersih dan kering. Wadah penyimpanan lensa kontak harus diisi penuh dengan cairan pembersih lensa kontak.

Ganti cairan pembersih lensa kontak secara teratur, sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan.

Lepas lensa kontak sebelum tidur. Memakai lensa kontak saat tidur dapat meningkatkan risiko infeksi mata.

Bersihkan lensa kontak secara menyeluruh setiap hari. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan kotoran dan protein pada lensa kontak.

Periksa lensa kontak secara teratur untuk melihat adanya tanda-tanda kerusakan. Jika lensa kontak rusak, segera ganti dengan yang baru.

Kunjungi dokter mata secara rutin untuk memeriksakan kesehatan mata kalian. Dokter mata dapat memeriksa kondisi mata dan memberikan saran perawatan lensa kontak yang sesuai.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sobat Vero dapat membantu menjaga kebersihan lensa kontak dan mencegah terjadinya infeksi mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *