Mengenal Datasemen Jala Mengkara (DENJAKA)

Veronapictures – Hallo Sobat Vero!! Siapa sih yang tidak kenal dengan DENJAKA Datasemen Jala Mengkara atau yang biasa dikenal dengan sebutan DENJAKA merupaka pasukan khusus gabungan Angkatan Laut Tentara Nasional Indonesia.

Awal mula pembentukan denjaka pada tanggal 4 November 1982. Awalnya Kepala Staff TNI Angkatan Laut (KSAL) membentuk organisasi tugas dengan nama Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut (PASUSLA).

Anggota Denjaka adalah gabungan dari dua pasukan besar yang miliki oleh TNI yaitu Komandi Pasukan Katak (KOASKA) dan Batalyon Intai Amfibi (TAIFIB). Diangkatan laut terdapat dua Kotama Mariner dan Kotama Armada jadi masing masing punya satuan khusus dan dari masing masing satuan khusus ini dibentuklah DENJAKA itu sendiri hingga saat ini,

Tugas pokok denjaka itu berdasarkan kebijakan panglima TNI tugsasnya melaksanakan anti terror, anti sabotase, dan menjalankan operasi khusus lainnya. DENJAKA bertugas atas perintah Penglima TNI dan perintah Presiden.

Selain itu, anggota DENJAKA juga harus memiliki kemampuan terbaik di darat, laut, maupun di udara. Selain penguasaan ilmu bertempur, DENJAKA juga dibekali ilmu Analisa situasi khusus. Setiap tim biasanya beranggotakan 12 orang dengan spesialisasi beragam mulai dari penjinakan bahan peledak, medis, elektronik dan teknologi informasi.

DENJAKA juga mengamankan beberapa platform asset negara contohnya Rig Offshroe atau yang biasa dikenal pengeboran minyak ditengah laut. DENJAKA sebagai Emergency saat terjadi kecelakaan.

Tags : denjaka

1 comment

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share