Manfaat Kayu Cendana, Bisa Rawat Rambut Hingga Gairah Pria!

Sobat Vero pasti tahu soal kayu cendana, tapi tahukah kalian kalau kayu cendana itu punya beragam manfaat yang bisa merawat kesehatan kalian.

Kayu cendana merupakan salah satu tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional. Tanaman yang memiliki nama latin Santalum album ini biasanya dimanfaatkan bagian kulit kayu, akar dan ranting pohonnya.

Mengurangi kerutan dan menyembuhkan luka

Kayu cendana ternyata mampu merawat kulit wajah dan menyamarkan kerutan di pada wajah karena memiliki sifat antioksidan alami yang membantu merangsang kolagen dan mengencangkan kulit.

Kandungan antioksidan dalam ekstrak cendana yang telah dirubah jadi minyak juga bisa membantu mempercepat penyembuhan pada luka dan mencegah peradangan.

Pembangkit libido pria

Salah satu manfaat kayu cendana yang mungkin belum banyak orang tahu adalah, khasiat untuk membangkitkan gairah pada pria dewasa.

Ternyata ekstrak kayu cendana yang diubah jadi minyak atau bubuk bisa digunakan sebagai campuran aroma terapi dengan sifat afrodisiak alami yang merangsang hormon pria dewasa.

Sifat afrodisiak pada kayu cendana umumnya dikeluarkan dengan cara membakar serbuk atau dupa cendana atau menuang minyak cendana pada penghangat ruangan agar memicu keluarnya hormon dophamine tubuh dan merangsang rasa bahagia serta meningkatkan libido.

Membasmi kutu pada rambut

Selain untuk merawat kulit wajah, kayu cendana juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Ekstrak minyak cendana yang dicampur dengan bubuk kayu cendana cukup efektif membunuh kutu pada rambut.

Jadi kalian bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cendana dalam sampo atau cairan pembersih rambut andalan kalian agar membantu mengatasi ketombe dan menyehatkan kulit rambut.

Beberapa cara pemanfaatan kayu cendana:

Minyak cendana

Minyak cendana dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi, seperti nyeri sendi, nyeri otot, eksim, dan infeksi. Minyak cendana dapat dioleskan langsung ke kulit, dihirup, atau diminum.

Teh cendana

Teh cendana dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kualitas tidur. Teh cendana dapat dibuat dengan menyeduh 1 sendok teh bubuk kayu cendana dalam 1 cangkir air panas.

Sabun dan lotion cendana

Sabun dan lotion cendana dapat membantu melembabkan kulit dan mengurangi peradangan. Sabun dan lotion cendana dapat digunakan secara rutin untuk menjaga kesehatan kulit.

Meskipun kayu cendana memiliki berbagai manfaat medis, namun penting untuk diingat bahwa kayu ini bukanlah obat ya Sobat Vero, jadi konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan kayu cendana untuk perawatan kesehatan kalian, terutama jika kalian memiliki kondisi medis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *