Kapal Selam Wisata Titanic Ditemukan Hancur

Kapal selam  wisata Titanic (Titan) yang dikabarkan hilang di selatan St John’s, Newfoundland, Kanada sejak Minggu akhirnya ditemukan pada Kamis (22/6/2023).  Kapal selam wisata Titanic di Amerika Serikat ditemukan dalam keadaan hancur berkeping-keping. Kapal selam yang membawa 5 orang ini meledak dahsyat dan menewaskan semua orang diatas kapal selam tersebut.

Upaya pencarian kapal yang dilakukan US Coast Guard yang dimulai sejak minggu (18/6/2023) yang dibantu oleh berbagai negara pun diakhiri.

Kamis pagi, sebuah kapal selam robot yang dikerahkan dari sebuah kapal kanada dilaporkan menemukan puing-puing dari kapal selam Titan yang sempat dinyatakan hilang.

Lokasinya berada sekitar 488 meter dari Haluan Titanic sekitar 4 km dibawah permukaan di sudut terpencil Atlantik Utara.

Kapal selam Titan yang dioperasikan oleh perusahaan OceanGate Expeditions asal AS itu telah dinyatakan hilang sejak Minggu lalu. Kapal hilang kontak dengan kapal pendukung permukaannya selang 2 jam menyelam menuju kapal Titanic.

“lima gragmen utama Titan berukuran 6,7 meter ditemukan dalam bentuk puing puing yang tersisa dari kehancurannya. Ini termasuk kerucut ekor kapan dan dua bagian lambung kapal” ungkap John Mauger.

Saat konferensi pers Coast Guard mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa tidak ada yang selamat dari kelima orang ini yang berada didalam kapal selam Titan termasuk pendiri dan kepala eksekutif perusahaan Stockton Rush.

Keempat orang lainnya adalah Hamish Harding (58) pengusaha kelahiran Pakistan, Shahzada Dawood (48), dan putranya Suleman (19), keduanya berkewarganegaraan Inggris, dan ahli kelautan Perancis Paul-Henri Nargeolet (77) yang telah mengunjungi bakai kapal Titanic puluhan kali.

Tim penyelamat dari beberapa negara telah menghabiskan waktu berhari-hari untuk memindai ribuan mil persegi lautan lepas dengan pesawat dan kapal untuk mencari tanda-tanda keberadaan Titan. Liputan media dunia yang intens mengenai pencarian ini sebagian besar menutupi dampak dari bencana maritim yang jauh lebih besar yang berasal dari karamnya kapal migran di lepas pantai Yunani minggu lalu, yang menewaskan ratusan orang.

Sumber : www.kompas.com/global/read/2023/06/23/054637770/tim-penyelamat-kapal-selam-wisata-titanic-ditemukan-hancur-semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *