Bingung Cara Buat Video TikTok? Ikuti Langkah-langkah ini Yuk!

Siapa sih yang nggak tau TikTok? Jaringan sosial berbasis musik dan video ini diluncurkan sejak tahun 2016. Namun beberapa tahun terakhir, TikTok menjadi sangat populer di Indonesia. Bahkan TikTok juga diminati oleh para artis di Indonesia maupun di dunia. Sangat terbukti bahwa TikTok sedang mendunia dan diminati banyak orang.

Nah, jangan sampai kamu ketinggalan dengan tren ini. Soalnya TikTok dapat dijadikan platform untuk menyalurkan kreativitas. Kamu bisa membuat berbagai video menarik yang bisa ditonton banyak orang dan menjadi viral. Caranya juga nggak sulit kok! Cukup dengan mengikuti cara-cara di bawah ini aja, dijamin kamu bisa segera posting video pertamamu. Yuk simak caranya!

Cara Membuat Video TikTok dari Awal

1. Cari Ide

Tren video-video baru sangat mudah viral di TikTok, sehingga kamu harus mencari ide yang kreatif agar video kamu viral dan ditonton oleh banyak orang. Buatlah video yang menarik dan bisa dinikmati oleh khalayak. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa membuat video informatif yang berisi tentang edukasi untuk masyarakat luas. Ingat, jangan sampai kamu membuat video berbau negatif seperti ujaran kebencian atau pornografi.

2. Mengatur Video

Setelah mendapat ide, kamu bisa langsung menekan tanda + yang terdapat pada bagian bawah. Kamu juga bisa menggunakan dan beberapa effects dan filters untuk mempercantik video. Jangan lupa juga untuk memilih durasi waktu yang ingin kamu gunakan, karena TikTok menyediakan tiga pilihan durasi, yaitu 3 menit, 1 menit, dan 15 detik.

3. Pilih Lagu

TikTok terkenal dengan video-video berjoget yang diiringi dengan lagu. Nah, kamu juga bisa memilih ratusan lagu yang bisa dimasukkan ke dalam video dengan menekan opsi “add sound”. TikTok juga memberikan kategori berisi lagu-lagu viral yang digunakan oleh banyak orang, selain itu terdapat juga kategori-kategori lagu lainnya seperti dance, meme, comedy, challenge, dan sebagainya. Kamu bisa menjelajah banyak sekali lagu yang bisa dimasukkan ke dalam video untuk meningkatkan kreativitas.

4. Merekam Video

Setelah selesai mengatur video dan memilih lagu, tekan lingkaran berwarna merah untuk merekam video. Pastikan kamu bisa menjaga gambar agar tetap stabil supaya enak untuk ditonton. Selain itu, pastikan juga terdapat cahaya yang cukup agar hasil video dapat terlihat jelas dan tidak membingungkan orang lain.

5. Editing Video

Lihat hasil video yang kamu rekam, apakah sudah sesuai dengan keinginan. Jika belum, kamu masih bisa melakukan editing, seperti memotong durasi video, menambahkan efek-efek visual yang keren, dan transisi yang menarik. Kamu juga bisa menambahkan voice over dan caption pada video untuk menambah informasi yang ingin disampaikan.

6. Posting Video

Tekan opsi “next” apabila kamu sudah puas dengan hasil video yang dibuat. Nah, kamu bisa mendeskripsikan video pada kolom caption yang ada. Jangan lupa juga untuk menambah beragam hashtag yang sedang viral agar video kamu masuk ke FYP (for you page) orang lain. Setelah mengisi caption video, tekan opsi “post” di bagian bawah untuk membagikan hasil video kamu.

Bagaimana, tidak sulit kan untuk membuat video TikTok? Jika kamu masih belum terbiasa, coba terus sampai kamu mahir! Lama-lama kamu akan terbiasa dengan tombol dan opsi yang ada di dalamnya. Jangan sia-siakan kesempatan untuk menunjukkan kreativitas kamu kepada orang lain!

Tags :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share