Apa itu Spirit Doll? Boneka yang Sangat Populer di Kalangan Artis Indonesia

Akhir-akhir ini, terdapat salah satu tren yang sangat panas di kalangan selebriti Indonesia, yaitu Spirit Doll atau Boneka Arwah. Boneka ini merupakan boneka yang menyerupai bayi yang diperlakukan layaknya seorang anak sendiri dengan diberi makan, berpakaian dan dirawat setiap hari. 

Boneka Arwah ini sendiri mengundang banyak perhatian, khususnya dari berbagai pakar. Mulai dari Pakar Psikolog dan Pakar Budaya yang memberikan pandangannya masing-masing terhadap Boneka Arwah ini.

Spirit Doll atau Boneka Arwah ramai diperbincangkan oleh masyarakat luas Indonesia, semenjak dipamerkan oleh artis Ivan Gunawan atau Igun. Kepemilikan Boneka Arwah terbilang sangat kontroversial, beberapa pakar Psikolog dari Fakultas Psikologi Unair, Prof. Nurul Hartini mengatakan bahwa kepemilikan boneka arwah sudah mengarah ke perilaku yang tidak wajar. 

Salah satu faktor yang menyebabkan meningkatkan popularitas Boneka Arwah ini adalah karena telah dimiliki oleh beberapa selebriti, sehingga banyak orang yang ingin “ikut-ikutan” dalam memiliki Boneka Arwah. 

Hal ini dapat mengakibatkan kesehatan mental yang berbahaya jika dilakukan terus-menerus. Jika tidak dihentikan, maka kebiasaan itu akan berisiko pada psikopatologi atau ketidakstabilan fungsi kejiwaan yang melibatkan emosi, kognisi dan indera. 

Selain itu, menurut pakar Budaya Fakultas Ilmu Budaya UNS Drs Tundjung Wahadi Sutirto, M.SI menyampaikan bahwa “fenomena” Boneka Arwah ini bukanlah hal yang terjadi baru-baru ini. Menurut Tundjung, Boneka Arwah sudah sangat lama dipercaya oleh masyarakat Indonesia.

Keberadaan Boneka Arwah dalam mitologi Jawa, sangat memiliki kaitan yang erat dengan Dinamisme atau Animisme. Menurut Tundjung, kepercayaan terhadap roh yang sebelumnya ada baik di benda mati mendorong manusia untuk hidup dan membangun hubungan yang erat terhadap entitas roh tersebut. 

Harga Boneka Arwah

Harga Boneka Arwah berbeda dengan boneka pada umumnya, karena boneka ini sangat menyerupai manusia, dibanderol mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta ribu rupiah. Boneka Arwah yang memiliki harga sangat tinggi adalah Boneka Tuan Puteri atau Princess yang memiliki umur 5 Tahun dengan tinggi kurang lebih 33 Inci. Harga yang dibanderol sekitar Rp 100 Juta Rupiah. 

Kemudian, beberapa Boneka Arwah yang dijual di marketplace online memiliki harga yang sangat beragam. Yang paling mahal adalah Boneka Arwah Bayi Perempuan yang dibuat secara Handmade dengan harga Rp 2-3 jutaan. 

Boneka yang mengandung pro dan kontra di kalangan masyarakat Indonesia ini sangat perlu diperhatikan dengan bijak. Setelah mendengar pandangan dari para pakar dan harga yang terjual, apakah kamu ingin juga mengikut tren Boneka Arwah ini?

Tags :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share