Apa itu NFT? Hal yang Membuat “Ghozali Everyday” Raup Keuntungan Milyaran Rupiah

Fenomena Ghozali Everyday yang menggemparkan dunia maya beberapa waktu lalu membuat banyak orang terheran-heran. Bagaimana bisa seseorang meraup keuntungan hingga 2 milyar rupiah hanya dengan mengunggah foto selfie setiap hari selama lima tahun. Ghozali menghasilkan 933 foto selfie dan dibeli oleh banyak orang di dunia, sehingga ia dapat meraup keuntungan banyak dari penjualan foto selfie tersebut.

Kemajuan zaman yang sudah sangat pesat terbukti dari fenomena tersebut melalui NFT. Nah, bagi kalian yang masih awam dengan NFT, berikut informasi penting yang perlu kamu tahu. Yuk simak di bawah ini!

Apa itu NFT?

NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang populer di dunia crypto, karena nilainya sangat besar bahkan dapat mencapai puluhan juta dolar AS. Terdapat beberapa barang yang bisa dijual dalam bentuk NFT, seperti foto, video, musik, dan lain-lain.

NFT menjadi platform baru sebagai media koleksi digital, sehingga NFT bisa menjadi platform untuk mendukung para seniman seperti artis dan musisi. Para seniman bisa mendapat imbalan besar dari influencer atau investor yang bersedia membayar aset NFT mereka.

Cara Membuat dan Menjual Karya Melalui NFT

NFT biasanya diperdagangkan melalui skema lelang yang bisa ditemukan pada beberapa situs online, salah satunya OpenSea. Sederhananya, OpenSea merupakan marketplace untuk para pemilik NFT dan penjual dapat bertransaksi.

Supaya bisa bertransaksi di OpenSea, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Sebelum mendaftarkan akun, kamu juga harus memiliki dompet digital dengan mata uang crypto. Fungsi dompet digital tersebut hampir mirip dengan layanan OVO atau GoPay. Dompet digital mata uang crypto berfungsi untuk mengonversi mata uang yang kamu gunakan menjadi mata uang crypto.

Upload Aset NFT Untuk Dijual

Kamu bisa langsung klik tombol jual dan mengikuti langkah berikutnya sesuai dengan marketplace masing-masing. Kemudian kamu harus memberikan informasi detail mengenai nama set, harga, batas waktu lelang, serta mata uang crypto yang digunakan sebagai alat pembayaran.

Setelah itu, marketplace yang kamu gunakan aka menghitung biaya gas fees atau biaya jaringan blockchain Ethereum untuk mencatat transaksi yang diproses. Biaya tersebut bervariasi tergantung sibuknya jaringan blockchain.

Marketplace NFT Terbaik

Terdapat beberapa marketplace NFT yang bisa kamu gunakan untuk menjual aset yang dimiliki. Beberapa marketplace terbaik yang direkomendasikan adalah:

  • OpenSea
  • Rarible
  • Axie Infinity

Nah itu dia beberapa informasi penting yang perlu kamu ketahui soal NFT. Walaupun terdengarnya mudah dan menjanjikan, diperlukan pemahaman yang lebih dalam terhadap NFT ini. Kamu juga harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan jika terjun ke dunia NFT. Jadi, apakah kamu tertarik untuk terjun ke dunia NFT?

Tags :

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

instagram default popup image round
Follow Me
502k 100k 3 month ago
Share