Jangan Sepelekan! Simak 9 Langkah Menjaga Anak Dari Penyakit Ain

Sebagai orang tua, kebahagiaan dan kesehatan anak adalah prioritas utama. Tak jarang, rasa khawatir muncul saat melihat si kecil menunjukkan tanda-tanda sakit, terlebih jika sakit tersebut datang secara tiba-tiba dan sulit dijelaskan secara medis.

Salah satu hal yang dikhawatirkan adalah penyakit ain, yaitu gangguan kesehatan yang dipercaya timbul akibat pandangan iri atau kagum yang berlebihan dari orang lain.

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mendukung keberadaan penyakit ain nih Sobat Vero, tapi banyak orang tua yang meyakini dan ingin melindungi anak-anak mereka dari gangguan ini.

Catat Langkah-langkah Lindungi Buah Hati Dari Penyakit Ain!

1. Membentengi Diri dengan Doa

Langkah pertama dan utama adalah memohon perlindungan kepada Allah SWT melalui doa. Doa merupakan senjata ampuh untuk menangkal segala gangguan, termasuk penyakit ain. Orang tua dapat membaca doa-doa yang dianjurkan, seperti:

Membaca ayat-ayat Al-Qur’an, seperti Surat Al-Falaq, Surat An-Nas, dan Ayat Kursi. Bisa juga dengan membaca doa meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Untuk anak laki-laki

أُعِيْذُكَ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuka bikalimaatillaahit-taammah, min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ‘ainin laammah

Untuk anak perempuan

أُعِيْذُكِ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’iidzuki bikalimaatillaahit-taammah, min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ‘ainin laammah

Artinya: “Aku memohon perlindunganmu dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari segala gangguan setan, binatang penggangu, dan dari pandangan mata yang buruk.”

2. Menjaga Sikap dan Perilaku

Setelah berdoa, orang tua juga perlu menjaga sikap dan perilaku agar terhindar dari sifat sombong dan takjub berlebihan terhadap anak.

Sikap ini dapat memancing rasa iri dan dengki dari orang lain, sehingga berpotensi mendatangkan penyakit ain. Sebaiknya, tunjukkan rasa syukur atas karunia anak dengan cara yang sederhana dan tidak berlebihan.

3. Hindari Pamer Kekayaan dan Keindahan

Sobat Vero yang merupakan orang tua muda pasti sangat ingin mengunggah segala hal tentang anak ke media sosial. Apalagi saat ini memang mudah bagi orang tua  membagikan foto dan video anak di platform online.

Namun, kalian perlu berhati-hati dalam membagikan momen tersebut. Hindari pamer kekayaan atau keindahan anak secara berlebihan, karena dapat menimbulkan rasa iri dan dengki dari orang lain.

4. Menutupi Aurat Anak

Aurat anak laki-laki adalah dari pusar hingga lutut, sedangkan aurat anak perempuan adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Menutup aurat anak dengan baik dapat membantu melindungi mereka dari pandangan iri dan dengki.

5. Membiasakan Anak Berwudhu

Membiasakan anak berwudhu sejak dini tidak hanya bermanfaat untuk mengajarkan tata cara bersuci, tetapi juga dipercaya dapat melindungi mereka dari gangguan jin dan penyakit ain.

6. Menjaga Kebersihan Diri dan Rumah

Menjaga kebersihan diri dan rumah dipercaya dapat membantu menangkal gangguan jin dan penyakit ain. Pastikan anak selalu mandi dan berganti pakaian dengan bersih, serta jagalah kebersihan rumah dari kotoran dan debu.

7. Menanamkan Sifat Rendah Hati

Ajarkan anak untuk selalu rendah hati dan tidak sombong. Tanamkan rasa syukur atas karunia yang dimiliki dan ajarkan mereka untuk selalu berbagi dengan orang lain.

8. Menjauhkan Anak dari Orang yang Iri

Jika memungkinkan, jauhkan anak dari orang-orang yang menunjukkan rasa iri atau dengki terhadap mereka.

Orang tua perlu jeli dalam mengamati interaksi anak dengan orang lain dan mengambil langkah yang tepat untuk melindungi mereka.

9. Mencari Pertolongan Medis

Jika anak menunjukkan tanda-tanda sakit, jangan ragu untuk segera mencari pertolongan medis. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Perlu diingat bahwa penyakit ain adalah sebuah keyakinan yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Namun, sebagai orang tua, kita dapat melakukan langkah-langkah pencegahan untuk melindungi anak-anak dari berbagai gangguan, termasuk penyakit ain.