Rekomendasi Wisata di Cirebon Untuk Mengisi Libur Panjang Lebaran!

Dengan hadirnya tol Cipali membuat Cirebon menjadi mudah dikunjungi. Hal ini tentu berdampak pada pembangunan dan kemajuan dari wilayah Cirebon itu sendiri. Banyak sektor yang mulai menggeliat, salah satunya sektor pariwisata. Terbukti dari meningkatnya total kunjungan serta semakin banyaknya objek wisata yang bisa dikunjungi.

Jika kalian ada rencana untuk coba jalan-jalan ke Cirebon, catat beberapa rekomendasi wisata yang bisa kalian kunjungi lho, Sobat Vero!

Rekomendasi Wisata di Cirebon, Wajib Dikunjungi, Lho!

Danau atau Telaga Niren

Rekomendasi pertama ini adalah telaga Niren atau juga dikenal dengan Telaga Nilem dan atau Telaga Biru Cicerem yang letaknya ada di antara Cirebon dan juga Kuningan. Tempat ini mempunyai akses yang mudah bagi siapa saja wisatawan yang ingin berkunjung. Hal ini tentu menambah nilai plus dari lokasi wisata yang instagramable ini.

Telaga Niren mempunyai air berwarna biru jernih. Karena terlalu jernihnya, sampai para wisatawan bisa melihat ikan-ikan berenang di dalamnya. Oh ya, jangan lupakan pohon rindang yang melindungi seputar telaga. Jika kalian mampu mengambil foto atau dengan angle yang tepat, maka kalian bisa dikira sedang ada di negeri dongeng, lho!

Tenang saja, meski tengah viral dan mempunyai keindahan alam yang begitu memukau, kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berkunjung ke tempat ini. Cukup sekitar Rp.5000 saja, dan kalian sudah bisa menikmati seluruh keindahan dari Telaga Niren ini.

Situ Sedong

Bagi kalian yang suka pergi ke lokasi wisata bersejarah, tapi di waktu bersamaan juga gemar dengan wisata alam, maka Situ Sedong adalah pilihan yang paling tepat. Wisata ini merupakan waduk peninggalan Belanda yang dibangun sejak tahun 1918 silam. Tentu banyak sejarah yang bisa dikulik dari tempat ini.

Tidak hanya itu, berdiam di sekitar waduk Situ Sedong juga bisa kalian nikmati sambil memandang gunung Ciremai yang berdiri gagah di seberangnya. Sungguh kombinasi yang tidak bisa ditolak.

Lagi-lagi kalian cukup merogoh kocek sekitar Rp5000 sampai Rp10.000 saja untuk menjelajahi seluruh area waduk Situ Sedong. Menarik sekali, bukan?

Cirebon Waterland: Taman Ade Irma Suryani

Meski sempat terabaikan, bukan berarti Taman Ade Irma Suryani alias TAIS ini tidak lagi beroperasi. Tempat wisata ini sebenarnya adalah kolam renang sekaligus taman dengan banyak arena bermain yang sangat ramah anak. Jam operasionalnya mulai pukul 09.00 – 18.00 WIB. Kalian bisa mencoba destinasi ini saat libur panjang lebaran, lho!

Berbeda dengan dua rekomendasi wisata sebelumnya, untuk ke Cirebon Waterland TAIS ini kalian perlu merogoh kocek agak dalam, yaitu sekitar Rp25.000 untuk menikmati pemandangan di sekitar objek wisata, sementara untuk menikmati permainan airnya tarifnya sekitar Rp40.000. Selain wahana air, Sobat Vero juga bisa staycation di lokasi itu, karena memang ada penginapan berupa cottage, dan tarifnya mulai dari Rp1,5juta per malam hingga Rp2,5juta per malam.

Banyu Panas Palimanan

Jika kalian suka dengan wisata alam air panas, maka kalian harus mencoba datang ke Banyu Panas Palimanan ini. Seperti yang kita tahu bahwa pemandian air panas mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh, di antaranya mengurangi rasa lelah dan meredakan gatal-gatal di kulit.

Uniknya, wisata air panas ini terbentuk tanpa disengaja. Berawal dari PT.Indocement yang melakukan pengeboran air bersih, justru yang keluar air panas kebiru-biruan yang tidak bisa dikonsumsi warga. Akhirnya dikaji lebih lanjut, orang yang ingin berendam di sana hanya boleh hingga 15 menit saja agar tidak membahayakan.

Tarif masuknya sekitar Rp10.000, dan ada tambahan Rp6.000 jika ingin menikmati berendam dan relaksasi di sumber air panas tersebut.

Taman Sari Goa Sunyaragi

Destinasi berikutnya adalah destinasi sejarah yang ada di daerah Sunyaragi, Kesambi, Cirebon. Tempat ini dulunya adalah candi yang digunakan untuk istirahat para sultan Cirebon. Saat ke tempat ini kalian juga bisa menemui banyak terowongan dan saluran air yang saling tersambung satu sama lain.

Tidak hanya digunakan sebagai lokasi wisata, Candi Sunyaragi ini juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi pagelaran budaya.

Arsitektur goa Sunyaragi banyak terpengaruh gaya Jawad an China, dan dulu lokasi wisata ini digunakan sebagai tempat menyepi dan meditasi. Jam operasional tempat ini mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB setiap hari.

Untuk tariff masuk sekita Rp17.000 dan bisa menggunakan jasa tour guide, dengan menambah biaya sekitar Rp40.000-Rp50.000.

Itulah beberapa rekomendasi wisata di Cirebon yang bisa Sobat Vero coba kunjungi saat libur panjang lebaran kali ini!