Libur Panjang Telah Tiba, Catat Rekomendasi Wisata Alam di Jogja!

pLiburan telah tiba. Apakah Sobat Vero sudah merencanakan untuk menghabiskan libur panjang lebaran kali ini ke mana? Jika belum, maka kalian membaca ulasan yang tepat. Kali ini kita akan membahas apa saja wisata alam di Jogja yang recomended untuk dikunjungi. Simak terus ulasannya, ya!

Jika bicara soal wisata di daerah Jogja, maka tidak akan jauh dari wisata kuliner, keindahan museum, hingga gemerlapnya malam di area Malioboro. Agar kalian tidak bosan, coba kunjungi beberapa wisata alam di Jogja yang punya banyak hal menarik, mulai dari bentang pegunungan, air terjun indah, hingga pantai yang mungkin jarang kalian temukan di Jakarta.

Rekomendasi Wisata Alam Jogja yang Wajib Dikunjungi

Pantai Parangtritis

Wisata ke pantai akan selalu mempunyai daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Pantai ini merupakan salah satu wisata alam di Jogja yang tidak boleh dilewatkan. Hamparan pasir lembut, disiram sinar matahari, serta ombak tenang adalah gabungan keindahan alam yang sangat menyenangkan.

Kalian bisa menikmati keindahan ini dengan berbagai aktivitas menarik, misalnya berkuda. Bayangkan saja, berkuda di atas hamparan pasir pantai, digulung ombak yang ringan, serta disiram sinar matahari pagi Jogja yang terkenal kehangatannya. Pasti akan menjadi pengalaman tidak terlupakan selama liburan.

Goa Pindul

Bagi kalian yang menghabiskan liburan dengan membawa anak kecil tentu membutuhkan objek wisata yang ramah anak, bukan? Nah, Goa Pindul ini bisa menjadi salah satu jawabannya. Jalur yang tidak terlalu sulit, medannya juga tidak curam, namun tidak mengurangi keindahan lokasinya. Sangat cocok bagi wisatawan anak-anak dan orang lanjut usia.

Goa Pindul memang hanya berjarak sekitar 1 jam dari kota Jogja. Lama waktu menyusuri objek wisata ini jika ditotal memang tidak terlalu lama kurang lebih hanya sekitar 45 menit, karena Goa Pindul sendiri juga tidak begitu panjang hanya sekitar 300 meter. Tapi kalian harus merasakan ambience goa yang diselimuti sinar matahari pagi, ditambah sumber mata air jernih yang mengalir di bawahnya.

Waktu terbaik untuk datang ke Goa Pindul adalah sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB, karena dari atap Goa kalian akan bisa menyaksikan ray of light atau sinar cahya yang masuk dari celah goa nan indah layaknya cahaya dari “surga”. Bukan tidak mungkin jika trip yang harusnya singkat ini berubah panjang karena kalian ingin terus bermain-main air dan menikmati keindahan alam dari dalam perut bumi.

Pantai Wediombo

Lagi-lagi wisata pantai yang akan kami rekomendasikan. Bagi kalian yang terobsesi dengan pantai dan lagoon berwarna biru relaxa, maka Pantai Wediombo bisa menjadi alternatif pilihan liburan kalian untuk melepas penat.

Pantai yang terletak di ujung Jogja ini selalu menjadi primadona bagi wisatawan yang gemar menikmati wisata alam.

Namanya diambil dari bahasa Jawa, yaitu Wedi itu pasir, Ombo itu luas, yang berarti pantai ini memiliki pasir atau pantai yang luas. Pantai ini merupakan bekas kawah gunung merapi di masa lalu dan juga tempat konservasi perairan, jadi tak heran jika kalian beruntung bisa melihat penyu bertelur di kawasan pantai tersebut.

Pantai ini masih cukup nyaman dinikmati karena tidak begitu ramai. Meski begitu ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di sana. Mulai dari berselancar, berenang, snorkeling bahkan camping dengan keluarga juga bisa di sini.

Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh selalu mempunyai pesona dan daya tarik tersendiri. Bagi kalian yang suka sekali pemandangan hamparan hijau, ditambah udara yang segar, maka Kebun Teh Nglinggo bisa menjadi pilihan yang sayang untuk dilewatkan.

Saat berada di kebun the ini wisatawan bisa mencoba berkendara off-road menyusuri indahnya kebun teh Nglinggo dan perbukitan yang indah.

Ada beberapa wisata juga di sekitar kebun teh Nglinggo, seperti Bukit Ngisis, Tumpeng Menoreh hingga Puncak Widosari. Kalian dijamin akan puas hamparan kebun the dan perbukitan di sekitarnya yang mirip permadani hijau.

Kalibiru

Jika kalian ingin menikmati suasana sore hari Jogja yang hangat, menunggu matahari terbenam dari atas pohon pinus, sekaligus bisa menikmati panorama gunung Menoreh dan danau dari kejauhan, maka Kalibiru adalah lokasi yang tepat. Kalian akan bisa menikmati sensasi tenang dan lepas sejenak penat akibat pekerjaan yang kalian rasakan selama ini saat berada di sana.

Lokasi wisata ini ada berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Tapi jika kalian takut ketinggian, objek wisata ini akan kurang cocok untuk kalian. Tetap berhati-hati ya Sobat Vero!

Itu dia beberapa rekomendasi wisata alam Jogja yang sangat rugi jika tidak kalian datangi. Selamat liburan, ya!