Keutamaan Lailatul Qadar, Ayo Berburu Hingga Dapat!

Setiap bulan Ramadhan, umat Islam berlomba memperbanyak ibadah untuk meraih pahala yang dilipatgandakan. Namun, di antara malam-malam tersebut, tersimpan satu malam istimewa yang keutamaannya melebihi seribu bulan, yaitu Lailatul Qadar.

Al-Quran dalam surat Al-Qadr ayat 3, dengan jelas menyebut keutamaan malam ini, yang artinya: “Malam itu lebih baik dari seribu bulan.”

Dengan beribadah penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT pada malam Lailatul Qadar, maka dosa-dosa kita yang telah lalu akan diampuni. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Siapa yang beribadah pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” [HR. Bukhari dan Muslim]

Mengapa Lailatul Qadar begitu istimewa? Mari simak beberapa keutamaan yang bisa Sobat Vero raih jika mendapatkannya!

Pahala yang berlipat ganda

Melakukan ibadah di malam Lailatul Qadar maka akan dilipatgandakan pahalanya melebihi seribu bulan, seperti yang disebutkan dalam ayat di atas. Ini adalah kesempatan emas untuk mengejar ketertinggalan ibadah kita di bulan Ramadhan yang lalu atau di bulan-bulan lainnya.

Pengampunan dosa

Bagi yang ikhlas beribadah pada malam Lailatul Qadar dengan penuh iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. Ini menjadi momen yang tepat bagi kalian meraih kembali kesucian dan kebaikan.

Diturunkannya malaikat

Pada Lailatul Qadar, malaikat turun ke bumi dengan berlimpah membawa rahmat dan keberkahan. Ini menandakan suasana yang hening dan khusyuk sangat tepat untuk beribadah dan berdoa.

Ditetapkan urusan manusia

Pada malam Lailatul Qadar dipercaya, Allah SWT tengah menetapkan segala takdir manusia untuk satu tahun ke depan. Ini menjadi pengingat untuk senantiasa bertawakal kepada Allah SWT atas apapun yang terjadi.

Meskipun tanggal pasti dari Lailatul Qadar tidak dijelaskan secara spesifik, namun Rasulullah SAW memberikan petunjuk bahwa malam tersebut kemungkinan besar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, khususnya pada malam-malam ganjil.

Jadi dengan mengetahui keutamaan Lailatul Qadar, umat Islam semakin termotivasi untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan, terutama pada 10 malam terakhir. Memperbanyak shalat malam (tahajud), tilawah Al-Quran, serta memperbanyak doa menjadi amalan yang dianjurkan untuk meraih kemuliaan malam Lailatul Qadar.

Mari persiapkan diri kita dengan sebaik-baiknya untuk menyambut Lailatul Qadar. Ibadah yang khusyuk dan penuh harapan di malam tersebut InsyaAllah akan membawa berkah dan ampunan dari Allah SWT. Semoga kita semua bisa mendapat Lailatul Qadar ya Sobat Vero!