Membidik Unsur Magis Kebudayaan Indonesia, Verona Films Angkat Tari Tayub Jadi Film!

Salah satu film dari Verona Films yang akan diproduksi tahun 2024 ini berjudul “Bulan Darah”. Selain mengambil salah satu lokasi di Jawa Timur, muatan ceritanya pun tak kalah magis karena melibatkan Tari Tayub sebagai benang merah atau DNA film ini.

Saat dikonfirmasi tentang konsep cerita “Bulan Darah”, sutradara Dedy Mercy yang akan menggarap film ini mengungkap bahwa konsep ceritanya telah dia siapkan sejak beberapa tahun silam, dan baru dengan Verona Films mau dia berikan.

“Konsep tentang Tari Tayub ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Secara cerita, ‘Bulan Darah’ mengisahkan beberapa penari (Tayub) yang tidak mengedepankan jump scare tapi tentang ambisi mereka untuk mempertahankan posisi mereka sebagai primadona Tari Tayub,” ungkap Dedy Mercy.

Tari Tayub merupakan sebuah warisan budaya yang kaya dari pulau Jawa. Selain itu, tarian ini merupakan tarian sakral yang memang jadi pertunjukkan favorit di tahun 80- an hingga 90-an.

Dengan Verona Films memilih untuk mengangkat seni tari tradisional ini sebagai bagian integral dari narasi “Bulan Darah”, hal ini menambahkan lapisan keaslian budaya ke dalam cerita yang gelap dan mencekam.

Salah satu pemain yang akan jadi penari di film “Bulan Darah”, Zulfa Maharani juga merasa tertantang dan bersemangat untuk mempelajari Tari Tayub, karena memang dia tidak memiliki basic sebagai penari sebelumnya.

“Tentu kami akan melewati proses workshop menari, jadi itu adalah privilege kami sebagai aktris untuk belajar (Tari Tayub) nantinya,” ujar Zulfa Maharani.

Keputusan menjadikan Tari Tayub sebagai DNA film “Bulan Darah” menunjukkan komitmen Verona Films yang tidak hanya untuk menghibur penonton, tetapi juga untuk menghormati dan mempromosikan kekayaan budaya Indonesia.

“Horor kan genre yang sangat disukai di Indonesia, dan kebanyakan horor itu mengangkat tentang kebudayaan daerah yang pasti bisa kita pelajari dan tahu lebih dalam lagi. Itu pasti sangat menarik,” ucap Baskara Mahendra yang juga akan bermain di film “Bulan Darah”.

Film “Bulan Darah” patut untuk diantisipasi kehadirannya karena tidak hanya akan menghibur penonton dengan cerita horor yang menegangkan, tetapi juga akan memperkenalkan keindahan budaya Jawa melalui Tari Tayub.

Tidak hanya Zulfa Maharani dan Baskara Mahendra, akan ada Denada, Mathias Muchus, Niken Salindry, dan Arida Nuraini yang ikut bermain di film “Bulan Darah” ini.