5 Amalan yang Dianjurkan Dilakukan Saat Isra Miraj

Kata siapa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW sebagai umat muslim tidak perlu melakukan apapun? Justru di saat hari besar inilah Sobat Vero juga berlomba-lomba meraih berkah-Nya dengan menjalankan beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat Isra Miraj tiba.

Shalat Sunah

Malam Isra Miraj merupakan waktu turunnya perintah shalat yang awalnya berjumlah 50 waktu, lalu diringankan jadi 17 rakaat sehari semalam atau 5 waktu. Sehingga, tidak ada salahnya memperbanyak shalat sunah saat Isra Miraj tiba.

Shalat sunah yang dapat kalian kerjakan bisa banyak misalnya shalat taubat, hajat, hingga tahajud. Dengan memperbanyak shalat sunah saat Isra Miraj maka bisa membantu kalian lebih dekat kepada Allah SWT.

Ada pula yang menyarankan untuk melakukan shalat sunah sebanyak 12 rakaat, yang dilaksanakan dengan salam pada setiap dua rakaat.

Niat salat sunah 12 rakaat:

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Ushollii sunnatan rok’ataini lillahi ta’ala

Tata caranya:

1. Membaca surat Al-Fatihah dan surat-surat pendek Al-Qur’an lainnya pada setiap rakaat;

2. Lakukan salam setiap dua rakaat;

3. Setelah salam, baca kalimat tasbih berikut:

سبحان الله والحمد لله ولا اله الا الله والله اكبر

Subhaanallah walhamdu lillah walaa ilaaha illallah wallaahu akbar;

4. Baca kalimat istighfar;

5. Baca salawat berikut 100 kali

اللهم صل وسلم على سيدنا محمد

Allohumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin.

6. Lakukan tata cara shalat seperti biasanya

Berpuasa

Amalan lainnya adalah berpuasa. Sebagian ulama menyebutkan puasa Rajab bisa dijadikan amalan yang baik ketika Isra Mirah.

Hal ini berdasarkan hadist dari Iman Baihaqi dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إن في الجنة نهرا يقال له رجب أشد بياضا من اللبن و أحلى من العسل من صام من رجب يوما سقاه الله من ذلك النهر

Artinya: “Sesungguhnya di Surga ada suatu sungai bernama ‘rajab’, warnanya lebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu.”

Barang siapa berpuasa sehari dalam bulan Rajab, akan diberi minum oleh Allah dari sungai itu.” (HR Bukhari Muslim)

Sebenarnya bukan hanya puasa Rajab, tapi juga bisa mengerjakan puasa sunah lainnya, seperti puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, dan sebagainya.

Membaca saat pagi dan sore

Doa pagi dan sore ini bisa juga dilakukan di hari-hari biasa dan bisa untuk amalan Isra Miraj. Berasal dari salah satu ayat Al-Qur’an, doa ini dibacakan agar terhindar dari siksa api neraka.

رَبَّنَا اصْرِفْ عَنَّا عَذَابَ جَهَنَّمَ إِنَّ عَذَابَهَا كَانَ غَرَاماً. إِنَّهَا سَاءتْ مُسْتَقَرّاً وَمُقَاماً

(… Rabbanaṣrif ‘annā ‘ażāba jahannama inna ‘ażābahā kāna garāmā * Innahā sā`at mustaqarraw wa muqāmā)

Artinya: “Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahanam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (QS Al-Furqan: 65-66)

Zikir

Amalan lainnya yang juga disunahkan untuk dilakukan saat Isra Miraj adalah zikir. Umat Muslim memang dianjurkan memperbanyak zikir.

Amalan zikir saat Isra Miraj seperti yang diajarkan Nabi Ibrahim AS kepada Nabi Muhammad SAW. Seperti yang diriwayatkan Abu Ayyub Al Anshari ra.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لَيْلَةَ أُسْرِىَ بِهِ مَرَّ عَلَى إِبْرَاهِيمَ فَقَالَ مَنْ مَعَكَ يَا جِبْرِيلُ قَالَ هَذَا مُحَمَّدٌ.فَقَالَ لَهُ إِبْرَاهِيمُ مُرْ أُمَّتَكَ فَلْيُكْثِرُوا مِنْ غِرَاسِ الْجَنَّةِ فَإِنَّ تُرْبَتَهَا طَيِّبَةٌ وَأَرْضَهَا وَاسِعَةٌ. قَالَ « وَمَا غِرَاسُ الْجَنَّةِ ». قَالَ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada malam Isra, pernah melewati Nabi Ibrahim alaihis salam. Nabi Ibrahim ketika itu bertanya pada malaikat Jibril, “Siapa yang bersamamu wahai Jibril?”. Ia menjawab, “Muhammad,”. Ibrahim pun mengatakan pada Muhammad, “Perintahkanlah pada umatmu untuk membiasakan memperbanyak (bacaan zikir) yang nantinya akan menjadi tanaman surga, tanahnya begitu subur, juga lahannya begitu luas,”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa itu ghirosul jannah (tanaman surga)?”. Ia menjawab, “Laa hawla wa laa quwwata illa billah (tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah)”. (HR. Ahmad, 5: 418)

Berdasarkan riwayat tersebut, umat Muslim dianjurkan memperbanyak zikir saat Isra Miraj. Berikut zikir yang diajarkan Nabi Ibrahim AS kepada Nabi Muhammad SAW dalam perjalanan Isra Miraj.

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ

Laa haula walaa quwwata illa billah

Artinya: “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

Nah, Sobat Vero bisa melakukan semua amalan di atas atau bisa memilih di antaranya. Hal yang pasti adalah mengerjakan amalan ketika Isra Miraj bisa membuat kita jauh lebih dekat dengan Allah SWT dan diganjar pahala yang berlipat ganda.