Rambut Lepek Bikin Minder? Catat 7 Tips Rahasia Rambut Anti Lepek!

Rambut lepek adalah kondisi rambut yang berminyak dan tidak bervolume. Kondisi ini biasanya ditandai dengan helaian rambut yang menempel satu sama lain meski sudah disisir. Rambut lepek bisa mengganggu penampilan dan kepercayaan diri sehingga penting untuk mengatasinya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut lepek nih Sobat Vero, baik secara alami maupun dengan menggunakan produk perawatan rambut.

1. Keramas secara rutin

Keramas adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran di kulit kepala. Keramaslah secara rutin, setidaknya 2-3 kali seminggu.

Saat keramas, gunakan air hangat untuk membuka pori-pori kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut untuk membantu mengangkat minyak berlebih. Bilas rambut dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit kepala.

2. Hindari mencuci rambut terlalu sering

Mencuci rambut terlalu sering justru dapat membuat kulit kepala memproduksi lebih banyak minyak. Oleh karena itu, hindari mencuci rambut lebih dari 3 kali seminggu.

Jika kalian memiliki rambut yang sangat berminyak, bisa kalian coba mencuci rambut dengan air dingin saja. Air dingin dapat membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.

3. Gunakan produk perawatan rambut yang tepat

Pilih produk perawatan rambut yang diformulasikan khusus untuk rambut berminyak. Hindari menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung minyak atau alkohol karena dapat membuat rambut semakin lepek.

Kalian bisa menggunakan sampo dan kondisioner yang mengandung bahan-bahan seperti:

  • Zinc pyrithione: Membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.
  • Salicylic acid: Membantu mengangkat sel-sel kulit mati di kulit kepala.
  • Tea tree oil: Memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur yang dapat membantu mengurangi produksi minyak di kulit kepala.

4. Gunakan dry shampoo

Dry shampoo adalah produk perawatan rambut yang dapat menyerap minyak berlebih di rambut tanpa perlu keramas. Dry shampoo dapat digunakan untuk mengatasi rambut lepek secara instan.

Gunakan dry shampoo pada akar rambut dengan gerakan memijat. Biarkan dry shampoo meresap selama beberapa menit sebelum menyisir rambut. Penggunaan dry shampoo pun tidak bisa terlalu sering, karena produk dan kotoran di kulit kepala bisa menumpuk dan berpotensi jadi ketombe, jadi sebaiknya hanya digunakan saat darurat saja.

5. Gunakan bedak bayi

Bedak bayi juga bisa digunakan untuk menyerap minyak berlebih di rambut. Taburkan bedak bayi pada akar rambut dengan gerakan memijat. Biarkan bedak bayi meresap selama beberapa menit sebelum menyisir rambut. Cara ini bisa digunakan ketika tidak ada dry shampoo dan benar-benar dalam keadaan darurat.

6. Gunakan roll rambut

Roll rambut dapat membantu membuat rambut lebih bervolume dan tidak lepek. Gunakan roll rambut pada rambut selama beberapa jam sebelum melepasnya dan mengaturnya jadi lebih bervolume.

7. Rapikan rambut dengan gaya yang tepat

Rambut yang berantakan akan terlihat lebih lepek. Oleh karena itu, rapikan rambut kalian dengan gaya yang tepat. Bisa kalian coba gaya rambut yang mengangkat, seperti ponytail, bun, atau braid.

Kalian juga bisa menggunakan aksesoris rambut, seperti jepit rambut atau bandana, untuk membantu menata rambut supaya kesan lepeknya tidak nampak.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Sobat Vero bisa mengatasi rambut lepek dan mendapatkan rambut yang sehat dan bervolume, jadi tidak perlu minder lagi deh!