Healing Gak Perlu Jauh! Top 5 Wisata Short Escape Dekat Jakarta

Mungkin Sobat Vero pekerja yang setiap hari harus berdesakan dengan pekerja lain di padatnya ibukota, hingga tidak sempat menikmati udara segar dan bersantai menikmati hari.

Tidak perlu jauh-jauh, bagi kalian yang super sibuk hanya perlu melakukan short escape alias liburan singkat dengan cukup luangkan waktu 1 hari, kalian bisa merasakan healing di lokasi yang menawarkan keindahan hingga tak sadar waktu telah berlalu.

Curug Leuwi Hejo

Lokasi satu ini berada di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul. Tidak jauh dari Jakarta ternyata ada air terjun yang cantik dan cocok untuk tempat rehat sambil menikmati alam.

Wisatawan dengan mobil pribadi dapat menggunakan Tol Jagorawi dan keluar di KM 37. Dari tempat parkir ke curug Leuwi Hejo melewati jalan setapak berbatuan dan menyeberangi jembatan bambu yang membentang di atas aliran sungai dengan waktu tempuh satu jam. Jam operasional kawasan wisata ini dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Curug Leuwi Hejo memiliki ketinggian 4 – 7 meter. Jadi jika kalian suka wisata ekstrim, kalian bisa coba melompat dari tepian tebing ke kolam air jernih dengan kedalaman 3,5 meter curug tersebut.

Jika ingin berkunjung, kalian membayar tiket masuk kurang lebih sebesar Rp15.000 per orang, Rp2.500 untuk berenang, dan Rp2.500 untuk penitipan barang.

Air Panas Ciparay

Jika tak ingin tempat yang dingin, pemandian Air Panas Ciparay bisa jadi destinasi pilihan kalian. Berlokasi tak jauh dari pintu masuk Taman Wisata Gunung Salak Endah, tepatnya di Desa Pamijah, pemandian air panas ini cukup mudah diakses dari Bogor maupun Jakarta.

Jika kalian ingin ke kolam pemandian, kalian perlu menuruni sekitar 400 anak tangga barulah kalian bisa menikmati air hangat pemandian tersebut dengan pemandangan mengagumkan.

Keindahan alam di sekitar pemandian bukan saja membuat lelah kalian luruh tapi juga menjernihkan pikiran. Untuk menikmati mandi air panas, kalian hanya perlu membayar kurang lebih Rp4.000.

Selepas puas berendam di kolam air panas, kalian bisa menyewa saung untuk duduk santai di pinggir sungai sambil menikmati makanan. Untuk harga sewa saung sekitar Rp30.000 untuk saung terbuka dan sekitar Rp50.000 untuk saung tertutup.

Pemandian Tirta Sanita Ciseeng

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Surga Bogor (@surga_bogor)

Kalau kalian ingin ke pemandian lain, salah satu yang bisa kalian coba adalah pemandian tirta sanita Ciseeng, berjarak hanya sekitar 40 kilometer dari Jakarta, tepatnya di Desa Ciseeng.

Mirip dengan pemandian di Ciparay tapi pemandian air panas alami satu ini mengandung belerang dan dipercaya dapat memberikan kecantikan dan kesehatan pada tubuh.

Tiket masuknya sekitar Rp6.000 per orang, kalian bisa menikmati air hangat di pemandian tersebut dan membuat badan serta pikiran santai sejenak. Berendam di air panas sembari menikmati pemandangan bukit kapur akan memberikan pengalaman short escape kalian berkesan.

Tebing Koja

Ingin liburan tapi tak jauh-jauh? Kalian bisa ke kawasan wisata alam yang ada di daerah Tangerang, Banten ini. Tempat wisata ini menawarkan tebing-tebing cantik dan bisa kalian manfaatkan untuk refreshing sekaligus berfoto.

Kolam-kolam yang ada di sekitarnya pun membuat tempat satu ini jadi semakin manis. Uniknya, tanpa alasan pasti, Tebing Koja juga kerap dikenal dengan nama Kandang Godzilla. Tebingnya pun sebenarnya tidak terbentuk secara alami, melainkan lahan bekas tambang pasir.

Jika kalian ingin mencoba berkunjung, Tebing Koja berada di daerah Cirendeu, Solear, Banten. Kalian bisa naik mobil menggunakan tol arah Merak dan keluar di Balaradja. Dari sana, tinggal menelusuri Jalan Raya Serang dan Jalan Raya Cisoka hingga sampai di tempat tersebut.

Jam operasionalnya dari jam 5 pagi hingga 6 sore dan biaya yang kalian keluarkan hanya untuk biaya retribusi parkir kendaraan dan biaya masuk sebesar Rp3.000.

Kebun Raya Cibodas

Lokasi wisata short escape kalian yang terakhir ini mungkin biasa saja bagi sebagian orang, tapi cukup efektif untuk melepas penat setelah bekerja selama seminggu penuh.

Kebun raya Cibodas, memang lokasi wisata terkenal di Bogor yang memiliki lahan cukup luas dan cocok bagi kalian yang suka pergi ke taman dengan pacar, keluarga atau teman dekat kalian.

Dengan tempat yang luas dan variasi tempat didalamnya membuat kalian tidak akan mudah bosan dibuat berkeliling menikmati pepohonan hijau di sana. Ada pula greenhouse, jalan Araucaria, kebun bunga Sakura hingga air terjun jadi akan ada banyak spot menarik buat kalian lihat-lihat.

Suasana alam yang sejuk berpadu dengan keindahan alam, memang kombinasi yang cocok bagi kalian yang sudah lelah bekerja dan ingin liburan singkat untuk sekedar menjernihkan pikiran. Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp5.000 – Rp 35.000 per orang dan jam operasionalnya dari pukul 8 pagi sampai 6 sore.