7 Keistimewaan Bulan Rajab, Doa Mudah Terkabul Hingga Pahala 900 Tahun!

Sudah mulai memasuki bulan Rajab, sudah sewajarnya umat Muslim di seluruh dunia menyapa bulan yang penuh berkah ini. Karena di antara 12 bulan dalam kalender Hijriah, Rajab termasuk salah satu yang Istimewa loh Sobat Vero.

Keistimewaannya terpancar dari berbagai aspek, mulai dari kehormatannya sebagai bulan haram hingga berbagai amalan yang dianjurkan dan pahala yang dilipatgandakan. Jadi saat kalian semakin banyak melakukan amalan baik di bulan Rajab, akan semakin banyak pula pahala yang bisa kalian petik.

Bulan yang mulia

Allah SWT telah memuliakan bulan Rajab dengan memasukkannya ke dalam daftar empat bulan haram (Muharram, Zulkaidah, Zulhijah, dan Rajab). Pada bulan ini, amalan saleh akan dilipatgandakan pahalanya dan perbuatan maksiat akan mendapat balasan lebih berat.

Jadi ini kesempatan emas untuk kalian meningkatkan kualitas ibadah. Selain itu, pada bulan ini hukumnya haram untuk melakukan dosa atau perbuatan maksiat lainnya.

Terbuka lebarnya pintu tobat

Rasulullah SAW bersabda, “Rajab adalah bulan Allah, Sya’ban adalah bulanku, dan Ramadhan adalah bulan umatku.” Hal ini menunjukkan betapa Allah SWT membuka lebar pintu ampunan dan tobat di bulan Rajab.

Maka perbanyaklah istighfar, bertaubat atas dosa-dosa dan bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Terjadinya Isra Mikraj

Peristiwa Isra Mikraj, perjalanan Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha, terjadi pada bulan Rajab juga loh Sobat Vero. Ini menjadi momen penting untuk merenungkan kebesaran Allah SWT dan keteladanan Rasulullah SAW dalam beribadah.

Bulan mustajab

Jika kalian berdoa di malam pertama bulan Rajab, insya Allah doa-doa yang kalian langitkan mampu dikabulkan Allah SWT lebih mudah. Hal ini juga ditegaskan oleh Imam Syafi’i dalam kitab Al-Umm:

بَلَغَنَا أَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: إِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمْسِ لَيَالٍ: فِي لَيْلَةِ الْجُمُعَةِ، وَلَيْلَةِ الْأَضْحَى، وَلَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَأَوَّلِ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبٍ، وَلَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ

Artinya: “Telah sampai berita pada kami bahwa dulu pernah dikatakan: Sesungguhnya doa dikabulkan pada 5 malam: malam Jumat, malam Iduladha, malam Idulfitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam nisfu Syaban.”

Mendapat pahala seperti beribadah 900 tahun

Salah satu keutamaan bulan Rajab, apabila kalian bisa mengisinya dengan amalan baik seperti puasa sunah, insya Allah kalian bisa mendapat pahala sebesar ibadah 900 tahun. Seperti dalam dalil berikut:

ن صام ثلاثة أيام من شهر حرام الخميس والجمعة والسبت كتب الله له بكل يوم عبادة تسعمائة عام

Artinya: “Barang siapa berpuasa selama 3 hari dalam bulan haram, hari Jumat, dan Sabtu, maka Allah balas setiap 1 harinya dengan pahala sebesar ibadah 900 tahun.”

Berdekatan dengan Ramadhan

Rajab menjadi persiapan dan pemanasan untuk menyambut Ramadhan yang mulia. Dengan memperbanyak amalan di Rajab, kita pun melatih diri dan meningkatkan kesiapan untuk berpuasa dan beribadah di bulan suci nanti.

Mendapat ganjaran surga di akhirat

Keutamaan lain yang bisa didapat umat Muslim yang melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab, insya Allah mendapat ganjaran surga di akhirat.

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.”

Itulah keistimewaan bulan Rajab yang perlu Sobat Vero ketahui sebagai umat Muslim, sebagai bulan Istimewa untuk melakukan lebih banyak amal saleh agar mendapat pahala berlipat dari Allah SWT.