Kopi Rasanya Berubah? Simak 5 Tips Pilih Toples Kopi Terbaik

Sobat Vero pecinta kopi mungkin ada yang sudah tahu kalau menyimpan biji kopi itu tidak bisa sembarangan. Bagi pemula kalian perlu tahu mana toples kopi atau coffee canister yang terbaik untuk dijadikan wadah penyimpanan biji kopi kalian agar kualitas kesegarannya tetap terjaga.

Kenapa menyimpan biji kopi bukan bubuk kopi? Hal itu karena jika kalian menyimpan kopi dalam bentuk bubuk akan mempercepat pelepasan senyawa pembentuk rasa akibat paparan udara, jadi berpengaruh pada hasil rasa seduhannya.

Walau begitu menyimpan biji kopi juga tak bisa sembarangan, perlu wadah yang tepat untuk menyimpan, karena menyimpan dalam kemasan zip-lock pun tidak tepat, karena sewaktu-waktu rekatannya bisa saja terbuka.

Itu sebabnya toples kopi atau coffee canister jadi barang penting untuk dimiliki pecinta kopi. Karena bisa meminimalisir bahkan menghalangi paparan langsung udara dan sinar UV yang menurunkan kualitas kesegaran biji kopi. Lalu bagaimana cara tahu toples mana yang cocok untuk dijadikan wadah?

Memiliki fitur kedap udara

Salah satu hal wajib dimiliki coffee canister adalah fitur kedap udara, karena udara jadi salah satu musuh biji kopi. Agar biji kopi kualitas kesegarannya terjaga, pilih coffee canister yang mampu menutup rapat dan mengeluarkan udara yang terperangkap di dalam serta mencegah udara masuk.

Desain sederhana tapi kokoh

Terkadang Sobat Vero ingin membeli wadah kopi dengan bentuk yang unik agar sekaligus dijadikan pajangan di rumah, padahal desain wadah penyimpanan tak perlu aneh atau unik karena bisa saja bentuk yang tak biasa membuat biji kopi jadi lembap dan kesegaran kopi jadi menurun.

Jadi disarankan pilih coffee canister dengan desain simpel karena minim kemungkinan menyebabkan lembap dan juga kokoh.

Pilih yang  transparan atau warna?

Selain bentuk yang unik, toples transparan memang bisa mempercantik tampilan rumah jika dipajang pad arak. Tapi toples kopi dengan dinding transparan apalagi jika diletakkan pada meja bar kalian bisa membuat sinar matahari bebas masuk, dan akhirnya merusak biji kopi kalian.

Maka sebaiknya pilih coffee canister dengan dinding warna, atau material yang gelap jadi mampu menghambat masuknya sinar UV.

Perhatikan ukuran penutup

Saat menyimpan biji kopi, kalian juga perlu memperhatikan bentuk penutupnya, jangan sampai membuat kalian tidak nyaman dalam menggunakannya.

Penutup toples yang terlalu kecil atau sempit akan menyulitkan kalian mengambil biji kopi menggunakan sendok takar, maka pilihlah coffee canister yang punya ukuran tutup yang cukup mudah memasukan sendok takar ketika ingin mengambil biji kopi.

Pastikan sesuai budget dan ulasan

Setelah tahu toples kopi yang bisa kalian beli, jangan lupa pertimbangkan harga serta ulasan dari coffee canister yang akan kalian beli, sesuaikan dengan anggaran belanja perlengkapan kopi kalian masing-masing ya Sobat Vero.

Bagaimana tips pilih toples kopi di atas? apakah kalian sudah menyimpan biji kopi favorit kalian dengan baik di rumah?