Pecinta Kopi Harus Tahu! Bedanya Kopi Tubruk, Long Black dan Americano

Sama hitamnya, tapi Sobat Vero nama, rasa dan hasil akhirnya itu bisa berbeda loh. Mungkin kalian hanya mengenal kopi ya hanya hitam saja, tapi tahukah kalian apa bedanya kopi tubruk, long black dan Americano? Jangan sampai kamu mau pesan kopi di kafe malah kebingungan soal nama kopi-kopi ini!

Kopi hitam kini bukan hanya tubruk saja yang selama ini sebagian besar orang tahu, tapi ada beberapa nama kopi hitam yang bisa kalian pelajari yaitu long black dan Americano.

Kopi Tubruk

Kalau kopi tidak membahas kopi tubruk rasanya kurang pas. Kopi hitam ini merupakan kopi yang paling tradisional dan cara penyajiannya paling sederhana.

Kopi tubruk merupakan kopi hitam yang dinikmati bersama dengan ampas kopinya. Maka, kopi tubruk biasanya diseduh dari kopi bubuk yang biasa digiling halus atau medium sesuai selera lalu langsung disiram air panas mendidih.

Beberapa orang senang mengaduk kopi tersebut dan mendiamkannya agar ampasnya tenggelam ke dasar cangkir, kemudian diseruput dengan ditemani pisang goreng hangat.

Long Black

Jika kalian ingin coba kopi hitam versi lainnya, kalian bisa jenis minuman ini yang terdiri dari air panas dan espresso. Long black disajikan dengan air panas lalu dituangkan espresso, jadi kopi konsentratnya alias espresso dituangkan setelah air panas. Long black sendiri berasal dari Australia dan Selandia Baru jadi cara penyajiannya mengikut negara asalnya.

Untuk perbandingan rasio air dan espressonya tergantung dengan selera. Ada yang merekomendasikan untuk menggunakan 160 ml air dan 30 ml espresso, ada pula yang espressonya lebih banyak lagi, sesuai dengan selera.

Long black juga identik dengan sisa krema (buih berwarna kuning tua di permukaan kopi espresso) di permukaan kopi, karena penyajiannya yang menuangkan air panas terlebih dahulu sebelum espresso, jadi krema di atas permukaan cangkir masih nampak.

Americano

Kopi asal Amerika ini meskipun sama-sama kopi hitam, tapi Americano berbeda dengan long black. Hal yang paling membedakan yaitu cara penyajiannya. Cara menyajikan Americano adalah espresso yang disiapkan terlebih dahulu kemudian tambahkan air panas setelahnya.

Hasil Americano ini biasanya nyaris tak meninggalkan krema pada permukaan cangkir, karena espressonya disiram air panas jadi memecah krema yang ada pada espresso. Sesederhana itu perbedaan antara Americano dan long black. Selain cara penyajian krema pada permukaan cangkir juga jadi pembeda dari kedua jenis kopi hitam ini.

Jadi bagaimana Sobat Vero? Sudah semakin tahu apa perbedaan antara long black, Americano dan kopi tubruk? Jadi jika ke kafe atau coffee shop tidak salah beli lagi!