Healing Dengan Berkebun? Rasakan 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Liburan Natal dan Tahun baru jadi liburan yang cukup panjang di tahun ini. Jika kalian tidak mau berwisata ke luar rumah, ada healing dengan cara berkebun yang hanya di rumah saja tapi bisa merawat kesehatan Sobat Vero baik fisik maupun mental.

Jika kalian belum pernah berkebun, bisa mulai mencoba hal baru dengan kegiatan ini pasti menyenangkan dan bermanfaat. Bukan sekedar membuat lingkungan menjadi lebih asri, berkebun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Manfaat berkebun bagi kesehatan fisik

Berkebun merupakan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Kegiatan seperti mencangkul, menyiram, dan memetik buah dapat melatih otot-otot dan persendian, serta meningkatkan detak jantung.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkebun dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena tubuh akan terpapar sinar matahari saat berkebun. Sinar matahari diperlukan untuk produksi vitamin D, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan aktivitas fisik

Berkebun merupakan aktivitas fisik yang dapat membantu membakar kalori dan menjaga berat badan ideal. Selain itu, berkebun juga dapat membantu meningkatkan kebugaran dan kekuatan otot.

  • Menurunkan risiko penyakit kronis

Berkebun dapat membantu menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Hal ini karena berkebun dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah.

Manfaat berkebun bagi kesehatan mental

  • Mengurangi stres

Berkebun dapat membantu mengurangi stres karena kegiatan ini dapat memberikan rasa tenang dan relaksasi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa berkebun selama 30 menit dapat menurunkan kadar hormon stres, seperti kortisol.

  • Meningkatkan suasana hati

Berkebun dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi depresi. Hal ini karena berkebun dapat memberikan rasa kepuasan dan pencapaian. Karena ketika merawat tanaman tanpa di sadari hati kita juga ikut merasakan sayang pada tanaman tersebut, berharap agar tumbuh dengan baik dan subur. Perasaan tersebut akan membuat hati jadi lebih tenang dan nyaman.

  • Meningkatkan konsentrasi

Berkebun membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan keterampilan memecahkan masalah. Otak kita seakan dilatih untuk fokus ketika mulai merawat atau menanam tanaman yang ada.

Tips berkebun dengan baik

Agar kegiatan berkebun bisa berjalan lebih maksimal, kalian bisa memilih kegiatan berkebun yang sesuai dengan kemampuan dan minat kalian. Misal kalian suka dengan tanaman buah, maka kalian bisa berkebun dengan menanam tanaman tersebut, atau suka dengan anggrek maka cobalah merawat anggrek sendiri di rumah.

Jangan terlalu dipaksakan, karena niatnya untuk healing maka mulailah dengan kegiatan yang ringan dan bertahap. Cobalah berkebunlah secara rutin, setidaknya 30 menit setiap hari.

Jangan lupa untuk mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman dan aman. Serta menggunakan alat berkebun yang sesuai dengan kebutuhan.

Berkebun merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Dengan berkebun, kalian dapat meningkatkan kebugaran tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kualitas hidup.