Viral!! Gara-Gara Gibran Salah Sebut Asam Folat Jadi Asam Sulfat

Sobat Vero baru-baru ini, masyarakat dihebohkan dengan ucapan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, soal asam sulfat untuk kebutuhan ibu hamil. Pernyataan sekaligus permintaan maaf Gibran pun viral dan menjadi topik pembicaraan di berbagai media sosial.

Ketika Gibran berjumpa pelaku usaha ekonomi kreatif dan influencer dalam acara ‘Diskusi Ekonomi Kreatif Bersama Mas Gibran’ di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Gibran menyebut ibu hamil harus mengecek kadar asam sulfat. “Lalu ketika hamil harus dicek ya misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi nggak,” ujarnya.

Adapun program kerja paslon Prabowo Subianto dan Gibran memang mengusung pentingnya gizi bagi ibu hamil dan anak untuk mencegah stunting. Salah satunya melalui pembagian susu gratis bagi ibu hamil, serta makan siang dan susu gratis untuk anak di sekolah.

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Erwin Aksa memberikan respons usai calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka salah menyebut “asam folat” menjadi “asam sulfat”.

Erwin menambahkan, hal terpenting adalah pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming berniat memberikan protein dan gizi kepada masyarakat. “Yang paling penting bagi Prabowo-Gibran memberikan protein, gizi, makan, karena ini masalah perut,” tutur Erwin.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan permohonan maaf karena salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai zat yang dibutuhkan ibu hamil.

Rekaman video pernyataan putra Presiden Joko Widodo itu kemudian viral di media sosial. “Apa sih kemarin saya nyebutnya? Asam sulfat ya. Ya mohon maaf, mohon dikoreksi ya,” kata Gibran usai badminton di GBK Arena, Senayan, Jakarta Pusat.

Gibran juga memberikan tanggapan setelah videonya itu tersebar di media sosial.“(Harusnya) asam folat. Sorry sorry ya, maaf, mohon dikoreksi,” kata Wali Kota Surakarta itu.

Asam folat adalah bentuk sintetik dari vitamin B9 yang larut dalam air. Vitamin B9 juga dikenal sebagai folat atau folasin. Kandungannya dapat ditemukan di susu. Asam folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, mendukung daya tahan tubuh, dan menunjang proses tumbuh kembang janin.

Sementara itu, asam sulfat adalah senyawa kimia berupa asam mineral (anorganik) yang kuat. Asam sulfat digunakan untuk pemrosesan bijih mineral, sintetis kimia, pemrosesan air limbah, dan pengilangan minyak. Perlu dicatat, asam sulfat murni yang tidak diencerkan tidak bisa ditemukan secara alami di Bumi. Kendati begitu, asam sulfat adalah komponen utama hujan asam yang terjadi karena oksidasi sulfur dioksida di atmosfer keberadaan air.