5 Tradisi Unik Natal di Berbagai Negara, Harus Menari Hingga Pergi ke Sauna!

Sudah persiapan apa saja nih Sobat Vero untuk Natal tahun ini? Natal merupakan salah satu hari raya keagamaan yang dirayakan oleh umat Kristen di seluruh dunia.

Perayaan Natal biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti beribadah, berkumpul bersama keluarga dan teman, serta berbagi hadiah. Namun, di berbagai negara, Natal juga memiliki tradisi unik yang berbeda-beda.

1. Natal di Jepang

Natal di Jepang merupakan salah satu hari libur terbesar. Namun, tradisi Natal di Jepang tidak sama dengan tradisi Natal di negara-negara Barat. Perayaan Natal di Jepang lebih identik dengan perayaan romantis dan simbol cinta.

Orang-orang Jepang biasanya menghabiskan Natal bersama pasangan mereka, makan malam di restoran mewah, atau menonton film romantis. Ada pula tradisi makan ayam Kentucky saat Natal, itu jadi tradisi karena warga Jepang akan dapat promosi khusus Natal ketika membeli ayam goreng di salah satu restoran cepat saji, dan itu bermula sejak tahun 1970-an.

2. Natal di Finlandia

Finlandia dikenal sebagai salah satu negara yang memiliki musim dingin yang panjang. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tradisi Natal di Finlandia sangat berkaitan dengan musim dingin.

Salah satu tradisi unik Natal di Finlandia adalah sauna. Orang-orang Finlandia biasanya mandi sauna sebelum ke gereja untuk beribadah pada malam Natal atau sebelum “bertemu” Santa Claus.

Selain itu, Natal di Finlandia juga identik dengan hidangan tradisional, seperti bubur gandum hitam dan kalkun panggang. Bubur gandum hitam ini dipercaya dapat membawa keberuntungan di tahun yang baru.

3. Natal di Denmark

Warga Denmark, merayakan Natal dengan tradisi bertukar kado dan menari. Orang-orang Denmark biasanya berkumpul bersama keluarga dan teman untuk bertukar kado dan menari mengikuti lagu-lagu Natal.

Selain itu, Natal di Denmark juga identik dengan hidangan tradisional, seperti daging babi panggang dan kue jahe. Ada tradisi Dansen om Juletræet, atau Tarian di Sekeliling Pohon Natal, merupakan tarian yang populer di Denmark. Tarian ini dilakukan di sekitar pohon Natal sambil menyanyikan lagu Natal.

4. Natal di Norwegia

Natal di Norwegia identik dengan tradisi menyanyikan lagu-lagu Natal dan membuat biskuit jahe. Orang-orang Norwegia biasanya berkumpul bersama keluarga dan teman untuk menyanyikan lagu-lagu Natal dan membuat biskuit jahe.

Warga Norwegia juga punya tradisi untuk menyembunyikan sapu milik mereka, karena percaya agar sapu mereka tak dicuri penyihir. Selain itu, Natal di Norwegia juga identik dengan hidangan tradisional, seperti ikan cakalang panggang dan kue keju.

5. Natal di Irlandia

Natal di Irlandia identik dengan tradisi menyalakan lilin. Orang-orang Irlandia biasanya menyalakan lilin di rumah mereka pada malam Natal untuk menyambut kelahiran Yesus Kristus, biasanya lilin-lilin itu diletakkan di jendela rumah atau di sekitar pohon Natal. Mereka percaya lilin dapat membawa kedamaian dan kebahagiaan di tahun yang baru.

Selain itu, Natal di Irlandia juga identik dengan hidangan tradisional, seperti daging domba panggang dan pai buah.

Itulah beberapa tradisi unik Natal di berbagai negara. Tradisi-tradisi tersebut menunjukkan bahwa Natal merupakan hari raya yang dirayakan dengan berbagai cara di seluruh dunia. Kira-kira Sobat Vero punya tradisi Natal khusus gak di keluarga masing-masing?