Takut Jadi Perawan Tua? Simak Tips Tetap Enjoy Saat Single di Usia 30-an

Memasuki usia 30-an, banyak orang yang mulai merasa khawatir akan masa depan mereka, termasuk tentang status hubungan. Ada yang merasa malu karena masih single, ada yang merasa tertekan karena merasa harus segera menikah, dan ada pula yang merasa bosan dengan rutinitas hidup yang monoton.

Jika Sobat Vero termasuk orang yang sedang mengalami hal-hal tersebut, jangan khawatir. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap enjoy saat single di usia 30-an kok.

Nikmati statusmu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menerima dan menikmati statusmu sebagai single. Jangan malu atau merasa rendah diri karena masih single. Ingatlah bahwa jodoh adalah urusan Tuhan, dan kamu hanya perlu fokus untuk menjalani hidupmu dengan sebaik mungkin.

Fokus pada diri sendiri

Saat kamu masih single, kamu memiliki banyak waktu untuk fokus pada diri sendiri. Manfaatkan waktu ini untuk mengembangkan diri, baik dari segi profesional maupun personal. Kamu bisa mengambil kursus, mengikuti pelatihan, atau sekadar membaca buku-buku untuk menambah pengetahuan dan keterampilanmu.

Luangkan waktu untuk bersenang-senang

Jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk bersenang-senang. Lakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti traveling, hangout bersama teman-teman, atau sekadar menonton film di rumah. Luangkan waktu untuk memanjakan diri dan melepas penat, mumpung masih sendiri.

Kurangi membandingkan diri dengan orang lain

Saat kamu melihat teman-temanmu yang sudah menikah dan memiliki anak, jangan langsung merasa iri atau minder. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing. Fokuslah pada kebahagiaanmu sendiri, dan jangan terlalu memikirkan kebahagiaan orang lain.

Bersabarlah

Jika kamu belum menemukan pasangan yang tepat, bersabarlah. Jangan menyerah dan teruslah berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Semakin baik diri kamu, semakin besar pula kemungkinan kamu untuk menemukan pasangan yang tepat.

Beberapa ide aktivitas yang bisa kamu lakukan selagi masih single!

  • Traveling ke tempat-tempat baru
  • Mengikuti kelas atau workshop
  • Menonton konser atau pertunjukan
  • Menjadi sukarelawan
  • Menulis jurnal atau blog
  • Memasak atau mencoba resep baru
  • Berkebun atau berolahraga
  • Menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman

Ingatlah bahwa kebahagiaan itu datang dari dalam diri sendiri. Jangan biarkan status hubungan Sobat Vero menjadi penghambat untuk menikmati hidup. Justru selagi masih sendiri kamu harus lebih banyak bahagia!