24 November Diperingati “Black Friday”

Sobat Vero tahukah kamu apa itu Black Friday? Black Friday atau Jumat Hitam dirayakan setiap hari Jumat setelah perayaan Thanksgiving tiap tahunnya. Seperti pada tahun 2022, Black Friday jatuh pada hari Jumat, 25 November 2022, yakni Jumat keempat di bulan November 2023. Black Friday merupakan istilah yang paling populer di Amerika Serikat (AS) yang sering dianggap sebagai hari pertama musim belanja liburan.

Tak dipungkiri, tiap kali black friday, berbagai barang-barang branded bakal memberikan diskon yang lumayan menggoda. Jadi momen ini digunakan banyak orang untuk mendapatkan diskon besar dari berbagai barang incaran. Untuk di Amerika sendiri, antrean belanja untuk diskon black friday sudah dimulai sejak pagi buta. Namun yang harus diketahui, apa itu black friday sebenarnya?

Secara historis, warna hitam diasosiasikan dengan hari-hari tekanan ekonomi dibandingkan dengan hari-hari kesuksesan komersial yang pesat.Namun nama Black Friday juga digunakan untuk merujuk pada tanggal 24 September 1869, tanggal terjadinya kepanikan finansial di AS yang dipicu oleh spekulan emas.

Black Friday pertama terjadi pada tahun 1869 setelah pemodal Jay Gould dan pengusaha kereta api James Fisk berusaha menyudutkan pasar emas, yang pada akhirnya mengakibatkan kepanikan finansial dan jatuhnya pasar. Kurang lebih 60 tahun kemudian, pada tanggal 29 Oktober 1929, jatuhnya pasar saham lainnya yang disebut sebagai Black Tuesday menandai dimulainya Depresi Hebat.

Pada tahun 1950-an, para manajer pabrik pertama kali menyebut hari Jumat setelah Thanksgiving sebagai Black Friday karena begitu banyak pekerja mereka yang memutuskan untuk tidak masuk kerja, sehingga memperpanjang liburan akhir pekan mereka.

Tak cuma itu, black friday juga menjadi sebuah istilah kepolisian yang menggambarkan betapa buruknya kondisi lalu lintas di Amerika pada hari itu. Saat itu, gerombolan pembeli dan turis pinggiran membanjiri kota. Mereka datang sebelum pertandingan sepak bola Angkatan Darat vs Angkatan Laut yang diadakan di sana setiap tahun.

Karena hal ini, para polisi tidak dapat mengambil cuti. Mereka juga harus bekerja shift ekstra panjang untuk menangani kerumunan dan lalu lintas tambahan. Pengutil juga memanfaatkan keributan di toko-toko dan kabur dengan barang dagangan. Hal ini tentu menambah repot para penegak hukum.

Sobat Vero siapkah kalian untuk berburu diskon di hari Black Friday ini?