Susah Jadi Orang Ikhlas Mari Belajar Sama Ustad Adi Hidayat

Ketika mendengar kata ikhlas, apa yang Sobat Vero bayangkan? Harus merelakan sesuatu dengan ketulusan hati kah? Atau apa nih Sobat Vero?

Melatih diri agar memiliki sifat Ikhlas bisa dibilang tidak mudah ya Sobat Vero. Ikhlas menjadi satu di antara sifat muslim yang ditakuti oleh setan saat akan menggoda. Ikhlas juga menjadi sifat yang paling istimewa bagi setiap muslim nih.

Ustad Adi Hidayat menjelaskan keistimewaan sifat Ikhlas yang disebutkan Allah SWT dalam Al-Quran. Ia menyebutkan bahwa setan akan menggoda manusia dari arah kanan, kiri depan dan belakang sebagaimana yang terkandung dalam Al-Quran surat al-Hijr ayat 40.

Seperti dikutip dari YouTube Adi Hidayat Official, dalam videonya UAH mengatakan setan akan menggoda melalui berbagai arah.

“Yaa Allah aku akan goda setiap anak cucu adam dari depan, belakang, kanan dan kiri. Kenapa tidak dari atas? karena dari atas jalur Allah membimbing, kenapa tidak dari bawah? karena kalo sudah di bawah sudah dikubur, tidak punya tanggung jawab ibadah” ungkap Ustad Adi Hidayat.

Lantas bagaimana untuk menjaga diri dari godaan setan? Ustad Adi Hidayat menyebutkan bahwa Ikhlas menjadi sifat muslim untuk menjauhkan diri dari godaan-godaan setan.

“Keistimewaan Ikhlas adalah menjauhkan diri dari godaan setan. Illa ibadaka min humul mukhlasin, kecuali hambamu yang ikhlas. Jadi ikhlas itu sebagai benteng dari godaan setan,” kata Ustad Adi Hidayat.

Ustad Adi Hidayat juga menjelaskan sifat ikhlas tersebut adalah murni beribadah kepada Allah tanpa dicampuri dengan urusan lainnya.

“Sifat membebaskan diri dari campuran niat lain sehingga bening saja itu karakternya sifatnya disebut dengan ikhlas. Jadi Ikhlas itu asalnya keadaan yang murni bening yang tidak bercampur dengan motivasi atau keadaan apapun di luar dengan tujuan pokok yang ingin diraih. Maka sifat inilah yang dicintai Allah” ucap Ustad Adi Hidayat.

Siapa di antara Sobat Vero yang masih sulit sekali bisa merasa ikhlas pada sesuatu?