Idol Manusia Terancam! Ini 4 Grup Kpop Virtual Terkenal Saat Ini

Akhir-akhir ini banyak bermunculan grup Kpop virtual yang dibuat dengan sangat baik, bisa menari dan bernyanyi, bahkan ada yang hingga melakukan wawancara dengan radio loh Sobat Vero. Mau tahu grup mana saja itu?

K/DA

Mungkin grup satu ini bisa dibilang sebagai grup virtual paling pertama yang ada di industri Kpop. Debut dari K/DA saat itu memang berhasil menghebohkan karena ada nama-nama penyanyi hebat yang mengisi suara dari personil grup ini.

K/DA merupakan girl group virtual bentukan Riot Games, developer game League of Legends: Wild Rift. Membernya pun karakter dari game tersebut yaitu Ahri, Akali, Evelynn, dan Kai’sa.

Memang tidak semua member K/DA diisi suaranya oleh penyanyi Korea, hanya dua member saja yaitu Miyeon GIDLE untuk Ahri, dan Soyeon GIDLE untuk Akali.

Sementara penyanyi Madison Beer mengisi suara Evelynn, dan Jaira Burns untuk suara Kai’Sa. “Pop/Stars” jadi digital single debut mereka November 2018 lalu.

Nama grup K/DA sendiri diambil dari istilah game, ‘KDA’, alias Kill, Death, dan Assist.

MAVE

Grup virtual ini merupakan girl group virtual AI garapan Metaverse Entertainment yang belum lama melakukan debut.

Uniknya ada salah satu member yang diperkenalkan sebagai member dari Indonesia yaitu Marty, saat perkenalan diri dia fasih menggunakan bahasa Indonesia.

Memiliki anggota 4 karakter, yaitu Siu, Zena, Tyra, dan Marty yang memang dirancang berasal dari dunia di masa depan, IDYPIA.

MAVE debut dengan merilis video musik untuk lagu single berjudul “PANDORA”. Pada 30 November 2023 mendatang, Mave juga dikabarkan akan melakukan comeback mereka. MAVE akan merilis mini album pertamanya yang diberi nama “What’s My Name”.

PLAVE

Grup virtual satu ini bisa dibilang sebagai grup virtual paling populer belakangan ini. PLAVE bahkan sempat tampil di acara festival musik kpop dengan penonton langsung yang cukup banyak.

PLAVE menampilkan anggotanya dengan penampilan karakter manhwa atau anime. Grup yang beranggotakan 5 karakter pria ini juga punya hewan simbolnya masing-masing.

Noah (llama), Bamby (rusa), Yejun (lumba-lumba), Eunho (serigala), dan Hamin (kucing hitam). Debutnya baru Maret 2023 lalu, PLAVE merilis mini album sebagai comeback pertamanya pada 24 Agustus 2023.

PLAVE ini yang bisa berinteraksi secara langsung dengan penggemarnya. Bahkan mereka turut menuliskan lirik hingga membuat lagu sendiri.

FE:VERSE

Grup virtual yang terakhir ini juga menampilkan karakter manhwa atau anime yang tidak menyerupai manusia asli.

FE:VERSE ini anggotannya tak langsung jadi grup, tapi para karakter yang masing-masing merupakan representasi para idol ternama ini perlu mengikuti audisi terlebih dahulu.

Dalam acara survival GIRL’S RE:VERSE, akhirnya mendapatkan 5 anggota virtual dan mendebutkan Muneo, Seoritae, Keuang, Rien, dan Serena.

Muneo adalah karakter dari solois Kwon Eun Bi, Keuang karakter dari Luda WJSN, dan Kim Serena karakter dari Soobin WJSN.

Selain itu ada Seoritae karakter dari Hayoung Apink dan Rien karakter dari HeeJin ARTMS/LOONA. FE:VERSE debut pada 9 Mei 2023 lalu dan telah merilis mini album “Cho”, sekaligus lagu utama dengan judul sama.

Jadi Sobat Vero mana grup virtual yang kalian sukai dari keempat di atas?