Sering Jadi Objek Lukisan, Makna Mendalam Bunga Lotus

Bunga lotus atau biasa disebut dengan bunga teratai ini berasal dari suku Nympheaceae dengan nama latin Nymphaea.

Bentuk bunganya bulat dengan kelopak yang berwarna-warni, mampu tumbuh dan mengambang di atas permukaan air, baik itu di kolam, rawa, maupun danau. Oleh karena itu, bunga ini kerap disebut sebagai water lily.

Dalam budaya Asia, bunga cantik ini memiliki makna penting di negara India, China, dan Jepang. Tidak hanya dengan keindahan bentuk dan warnanya, bunga ini juga memiliki makna kehidupan yang mendalam.

Bunga yang melambangkan kebenaran, kebijaksanaan, keberanian, ketahanan, kesucian, keharuman dan keterhubungan dengan alam semesta ini sering digunakan dalam upacara keagamaan dan ritual spiritual, serta menjadi sumber inspirasi dalam seni dan sastra seperti lukisan, puisi dan cerita rakyat.

Makna Bunga Lotus

1. Keberanian dan Ketahanan

Walaupun  dapat tumbuh di air yang dalam dan penuh dengan lumpur, bunga ini tetap mampu bertahan dan mekar dengan indahnya. Oleh karena itu, bunga lotus dapat mewakili seseorang yang mampu bertahan dan melewati masa sulit dalam hidup.

2. Kebenaran dan Kebijaksanaan

Bunga yang mampu tumbuh di lumpur dan air yang kotor ini melambangkan kebenaran yang dapat tumbuh dari lingkungan yang penuh dengan kejahatan dan ketidakadilan.

3. Keterhubungan dengan Alam Semesta

Bunga cantik ini dikaitkan dengan keberadaan Buddha karena dianggap melambangkan kesucian, kemurnian, dan kesempurnaan.

4. Kesucian dan Keharuman

Karena memiliki kemampuan untuk membersihkan pikiran dan tubuh dari energi negatif, bunga lotus ini sering digunakan dalam upacara keagamaan dan ritual spiritual. Harum bunganya yang kuat dan menyegarkan dapat digunakan dalam produk perawatan tubuh hingga parfum.

Kalau Sobat Vero pernah melihat bunga lotus secara langsung? Atau justru menerima hadiah bunga lotus?