MBTI Paling Klop Dengan INTP, Coba Cek MBTI Pacarmu!

Sobat Vero buka artikel ini pasti kalian pemilik MBTI INTP ya kan? INTP adalah singkatan dari Introvert, Intuitive, Thinking, dan Perceiving. INTP salah satu dari 16 tipe kepribadian yang diidentifikasi oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Sifat umumnya dari orang dengan MBTI INTP adalah cerdas, mandiri, terlalu kritis, pendiam dan sulit berkomitmen. Tapi kira-kira MBTI mana saja yang bisa cocok dengan orang INTP ya?

INTP dengan INFP

MBTI yang cocok dengan INTP salah satunya adalah INFP. Jika dilihat dari cara berpikirnya INTP dan INFP memiliki kemiripan. Perbedaan keduanya jika INTP lebih banyak menggunakan pola pikirnya sedangkan INFP menggunakan feeling atau perasaanya.

Meski berbeda, tapi INTP mengutamakan logika internal untuk mengambil keputusan, sementara INFP mengutamakan nilai pribadinya jadi tidak akan banyak bersinggungan.

Keduanya bisa saling menghargai keinginan masing-masing jadi tidak akan memaksakan pendapat pribadinya dengan satu sama lain. Justru dengan perbedaan thinking dan feeling tadi bisa saling menularkan kekuatan.

INTP dengan INFJ

MBTI kedua yang cocok dengan INTP adalah INFJ. Tipe kepribadian INTP dan INFJ memiliki kesamaan dalam cara mengambil keputusan, hanya saja sama seperti dengan INFP, INTP akan mengutamakan logikanya sedang INFJ lebih mengedepankan perasaannya.

Keduanya tidak akan saling memaksakan perasaan atau logikanya masing-masing yang menjadikan hubungan mereka tak mengalami banyak perdebatan. Biarpun si INTP ini tidak banyak menggunakan pemikiran hatinya, tapi INTP tetap bisa merasa membutuhkan pasangan INFJ-nya.

Yang membuat keduanya cocok dan terikat satu sama lain adalah sifat filosofis mereka dengan pendekatan yang berbeda. INTP dengan mengutamakan kedalaman logika, sementara INFJ mengandalkan kedalaman wawasannya, berkat Ni (introvert intuition) yang dominan.

INTP dengan ENTP

Selanjutnya ada ENTP yang ternyata bisa cocok, walau introvert dan ekstrovert. Mereka bisa cocok karena memiliki cara berpikir yang yang sama. Perbedaanya hanya pada urutannya, saat INTP lebih sering menggunakan Ti (Introvert thinking) lebih dulu lalu Ne (extrovert intuition), sedangkan ENTP lebih dulu gunakan Ne (extrovert intuition) lalu Ti (introvert feeling).

Dengan begitu keduanya memiliki potensi untuk jadi pasangan yang cocok di hampir segala aspek. Hanya saja, ENTP yang ekstrovert dan INTP yang introvert akan punya sumber energi yang berbeda. Karena ENTP bisa bersemangat saat berinteraksi sosial, sedang INTP berenergi ketika menyendiri atau bersama dengan beberapa orang terdekatnya saja.

Justru dengan begitu keduanya jadi punya space yang positif dan membuat mereka memiliki hubungan yang sehat dan berwarna. ENTP pribadi yang lebih hangat dengan kemampuan sosialnya bisa membawa INTP lebih banyak bergaul.

INTP dengan INTP

MBTI yang akan cocok dengan INTP adalah sesama INTP, karena keduanya akan saling memahami, dan keduanya tak butuh waktu lama untuk dapat saling mengerti.

Pada awal perkenalan atau pdkt, mungkin akan kaget dengan banyaknya kesamaan dari gaya hidup dan cara memandang dunia. Bahkan dalam mendiskusikan sesuatu, mereka mungkin akan lebih banyak saling setuju.

Namun, meski punya tipe kepribadian yang sama, INTP juga bisa berbeda satu sama lain, karena ada tipe INTP yang terlalu individualis, ada juga yang mampu mengaktifkan Fe (extroverted feeling) mereka dan bisa berbaur dengan dunia luar. Karena itu, adaptasi antara pasangan INTP dan INTP tetap diperlukan.

Nah kalau Sobat Vero sendiri punya pasangan MBTI-nya apa nih? jika selain dari MBTI yang ada di atas bukan berarti kalian gak cocok loh ya, tapi memang lebih sulit saja untuk beradaptasinya jika kalian INTP!