Doyan Ngeluh? Ini Penyebab Sendawa Gak Kelar-kelar Menurut Ustad Danu

Sendawa adalah proses mengeluarkan gas dari perut melalui mulut. Gas ini bisa berasal dari udara yang tertelan saat makan atau minum, atau dari gas yang dihasilkan oleh bakteri di dalam perut loh Sobat Vero. Sendawa biasanya tidak berbahaya dan terjadi secara alami.

Namun, jika sendawa terjadi terus menerus, bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu dan kalian perlu waspadai agar tidak semakin parah.

Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung, atau gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan. Hal ini dapat menyebabkan gejala lain, seperti nyeri ulu hati, mual, dan muntah.

Gastritis

Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi, obat-obatan tertentu, atau kebiasaan makan yang tidak sehat.

Dispepsia

Dispepsia adalah kondisi di mana seseorang merasa sering bersendawa diikuti keluhan lain berupa mual, nyeri ulu hati, dan kembung.

Bagaimana menurut pandangan Ustad Danu?

Ustad Danu ternyata juga memberikan pandangannya tentang sendawa terus-menerus dari sudut pandang spiritual. Menurutnya, sendawa terus-menerus dapat menjadi tanda bahwa seseorang sedang mengalami masalah dengan hatinya.

“Sendawa itu bisa jadi tanda kalau kita sedang banyak mengeluh,” kata Ustad Danu. “Kita sering mengeluh kepada orang lain, mengeluh kepada Tuhan. Nah, kalau kita mengeluh terus-menerus, itu bisa menyebabkan sendawa yang juga terus-menerus.”

Ustad Danu menyarankan agar kita belajar untuk bersyukur dan menerima apa yang ada. Dengan begitu, kita akan terhindar dari sendawa terus-menerus dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

“Kalau kita bersyukur, kita akan lebih bahagia. Kalau kita bahagia, tubuh kita akan lebih sehat,” kata Ustad Danu.

Berikut beberapa tips dari Ustad Danu untuk mengatasi sendawa terus-menerus dari sudut pandang spiritual:

  • Belajar untuk bersyukur.
  • Berdoa kepada Tuhan.
  • Melakukan amalan-amalan yang mendekatkan diri kepada Tuhan.

Selain tips-tips dari Ustad Danu kalian juga bisa mengatasi sendawa terus-menerus dengan cara medis.

Dengan makan secara perlahan, hindari makanan pedas, asam, dan berminyak, hindari minuman bersoda dan alkohol, hindari merokok dan kelola stres dengan baik

Selain penyakit-penyakit di atas yang bisa sebabkan sendawa terus menerus, ada beberapa faktor lain, seperti Makan terlalu cepat, mengonsumsi makanan pedas atau asam, mengonsumsi minuman bersoda, mengonsumsi alkohol, merokok dan stress

Jika Sobat Vero sering bersendawa dan itu terjadi secara terus menerus, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang, seperti tes darah atau endoskopi, untuk menentukan diagnosis yang tepat.