Kontroversi Agama Keluarga Nadiem Makarim, Istri Hingga Anak Berbeda!

Sobat Vero pasti sudah dengar soal kehebohan soal keyakinan yang dianut oleh keluarga Menteri Pendidikan kita, Nadiem Makarim, ternyata dia menikah dengan istri yang berbeda agama dan anaknya pun tidak satu keyakinan dengan Nadiem, mau tahu selengkapnya?

Viral anak Nadiem dibaptis

Kontroversi soal agama yang dianut keluarga Menteri ini memang berawal dari viralnya potret anak Nadiem yang bernama Solara Franklin Makarim, tengah dibaptis dan memeluk agama Katolik.

Lantas potret tersebut pun langsung jadi perbincangan netizen, apalagi sosok Nadiem Anwar Makarim sebagai Menteri Pendidikan yang tidak boleh terlihat cacat di mata publik, padahal keluarga Nadiem dan Franka sejak awal adalah keluarga beda agama.

Nadiem diketahui beragama Islam dan Franka Franklin Makarim beragama Kristen Katolik. Namun keduanya hidup rukun dan saling menjaga toleransi.

Menikah beda agama itu boleh asal…

Setelah kami cari dari berbagai sumber, menurut beberapa pendapat ulama dan ustad, menikah berbeda agama memang haram, namun ada beberapa pendapat lagi bahwa jika ada laki-laki muslim ingin menikahi wanita non-muslim ahlul kitab, yaitu pemeluk agama samawi, maka masih diperbolehkan.

Berbeda dengan wanita yang memeluk agama islam, sama sekali dilarang untuk menikah dengan laki-laki non-muslim. Hal ini dikarenakan wanita perlu patuh pada suami, jadi jika wanita muslim menikah dengan laki-laki non-islam, dia tidak memiliki kuasa apapun alias harus nurut nih Sobat Vero.

Ayat Alquran yang jadi dasar diperbolehkannya laki-laki Islam menikah dengan wanita Kristen ada di Surat Al Maidah Ayat ke-5. Sementara itu, Ustad Adi Hidayat pun dalam sebuah kesempatan juga menyampaikan, “Bagi laki-laki yang memang ingin menikah untuk tujuan menjaga diri, menghindari dari zina, bagi pria muslim yang serius mewujudkan hikmah-hikmah kehidupan rumah tangga, Sakinah mawaddah warahmah memberi bimbingan yang benar, boleh bagi pria muslim menikahi perempuan dari kalangan ahli kitab (Kristen).”

Fakta menarik Franka, isteri Menteri yang energik

Franka adalah salah satu istri Menteri di Kabinet Indonesia Maju yang terbilang muda, ia menikah dengan Nadiem tahun 2014 lalu dan dikaruniai tiga anak yang hingga kini mereka rahasiakan parasnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nadiem Anwar Makarim (@nadiemmakarim)

Franka bukan hanya cantik tapi juga pintar, ia bahkan sekaligus mengambil dua gelar untuk S1-nya, yaitu jurusan marketing management di Northumbria University, London dan jurusan business management in fashion and retail di Raffles Designs Institute.

Seolah tidak puas dengan double degree-nya, Franka melanjutkan S2 di University Rotterdam, Belanda jurusan International Business and Development Studies.

Belum cukup, Franka juga punya karir cemerlang, ia diketahui pernah jadi Chief Marketing Officer ritel kosmetik Luxola.com, Vice President Merchandising & Business Development di Berrybenka.com bahkan pernah jadi Brand Marketing & Communications Manager di Time International.

Jadi tidak heran ya Sobat Vero kalau keluarga ini cocok jadi keluarga Menteri Pendidikan.

Bagaimana dengan Nadiem?

Tidak mungkin istri yang luar biasa, mendapatkan suami yang biasa-biasa saja. Faktanya, Nadiem yang merupakan keturunan ayah berdarah Arab-Minangkabau, dan ibu Arab, Jawa, Madura, membuat Nadiem jadi anak Bhineka Tunggal Ika sejak dini.

Nadiem menempuh pendidikan S1 di Brown University, Amerika Serikat dan lanjut ke S2 jurusan administasi bisnis di Harvard Business School, Amerika Serikat.

Baik Franka maupun Nadiem memang dekat dengan dunia digital, karya fenomenal Nadiem adalah mampu membangun GoJek yang semakin tumbuh hingga kini ia melepas jabatannya di GoJek untuk mengemban tugas dari Negara sebagai Menteri hingga 2024 mendatang.

Kalau menurut Sobat Vero bagaimana keluarga Nadiem Makarim? Bisa dijadikan contoh keluarga dengan toleransi yang tinggi ya.