Seperti Apa Ya Hubungan Dewasa?


M
emasuki usia dewasa, tentunya cara menjalihubungan dengan pacar atau pasangan  juga ikutberubah.

Tapi seperti apa ya tanda atau jenis orang yang sudah bisa dikatakan dewasa itu? Dewasa menurutKBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinyamencapai baligh atau bukan anak-anak ataupunremaja. Dalam bidang ilmu psikologi, dewasaadalah periode perkembangan yang bermula padaakhir usia belasan tahun atau awal usia duapuluhan tahun dan yang berakhir pada usia tigapuluhan tahun.

Usia dewasa sendiri dibagi menjadi tiga yaitudewasa muda, dewasa, dan dewasa tua.

1. Dewasa muda berusia sekitar 18-34 tahun

2. Dewasa berusia sekitar 35-49 tahun

3. Dewasa tua berusia sekitar 50-64 tahun

Lalu bagaimana dengan cinta bagi merekayang sudah dewasa ya? Banyak orang bilang cintadewasa adalah perasaan cinta yang bisa menerimapasangan apa adanya, baik itu kekurangannyamaupun kelebihannya

Ciri-ciri hubungan yang dewasa

Mampu berdiskusi

Biasanya pasangan yang dewasa akan memilihberdiskusi setiap ada permasalahan, atau saatterjadi perbedaan pendapat. Sedangkan pasangantidak dewasa biasanya akan lebih cepat berdebatsatu sama lain dan lebih mementingkan ego masing-masing.

Mampu memahami ketidaksempurnaanpasangan

Tidak ada orang yang sempurna, karena setiaporang memiliki kekurangan. Begitupun dengankamu dan si dia. Oleh sebab itu, hubungan yang dewasa biasanya sudah mampu menerima apapun kekurangan pasangan.

Bisa percaya dan menghormati pasangan

Sobat Vero hubungan yang berlandaskan padasikap percaya dan saling menghormati adalahhubungan yang menunjukkan tingkat kedewasaan.Selain itu sikap menghormati juga menjadi kuncidari hubungan yang sehat.

Dapat melakukan komunikasi yang baik

Dalam menjalin hubungan dewasa yang baik, tentu komunikasi itu sangat penting loh. Bisa salingmemberi kabar satu sama lain dan mampumengutarakan keinginan tanpa mendahulukan ego.

Dapat menghargai privasi

Menghargai apa yang menjadi privasi masing-masing, seperti memberi kesempatan padapasangan untuk me time, tidak membaca pesan-pesan di ponsel yang sifatnya rahasia atau sensitif, dan lain-lain.

Tidak Malu Mengakui Kesalahan

Hubungan yang dewasa akan mengakui danmenerima bahwa diri kita bisa salah, lalubertanggung jawab memperbaikinya.

Dari ciri-ciri di atas apakah hubungan Sobat Vero termasuk hubungan yang dewasa ataukebalikannya?