Bongkar Alasan Tiket Konser Coldplay Harga Selangit!

Sobat Vero ada yang sudah dapat tiket konser Coldplay untuk November mendatang belum? Banyak yang mengeluhkan soal harga tiket musisi dunia ini yang sangat mahal, padahal harga tiket di negara tetangga tidak sampai semahal di Indonesia, kira-kira apa ya alasannya, mari kita bongkar!

Pertimbangan musisi kelas Dunia

Bukan rahasia ya Sobat Vero, Coldplay merupakan salah satu musisi terkenal kelas dunia yang kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Apalagi untuk musisi dunia sampai menggelar konser di Indonesia adalah hal yang jarang, jadi selagi ada kesempatan pastilah banyak penggemar yang menantikannya.

Biaya operasional konser yang tinggi

Hal lain yang membuat tiket Coldplay berharga fantastis juga karena biaya produksi dan operasional yang tidak sedikit. Apalagi konser musisi penyanyi a Sky Full Of Star ini diadakan di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Belum lagi teknis mulai dari sound system yang digunakan, efek visual hingga fasilitas backstage yang tentunya harus istimewa dan itu semua tentu tidak berharga murah.

Pemasaran dan promosi

Coldplay sudah terkenal tak perlu promosi? Nyatanya seterkenal apapun artis yang mengadakan konser, promosi dan pemasaran itu perlu, jika tidak ada biaya untuk kebutuhan itu, maka para penggemar tidak akan tahu kabar kapan mulai presale tiket, atau mungkin info-info lain seputar konser.

Mau ada event masa diam-diam saja? Nanti akan dikira acaranya sepi peminat, dan itu buruk bagi promotor.

Impor logistik Coldplay

Namanya musisi profesional apalagi kelas dunia, pasti mereka punya alat-alat musik sendiri yang harus dibawa ke mana pun. Dengan begitu biaya impor seperti pajak dan bea cukai barang-barang sang artis ini harus dipikirkan, tentunya juga itu tidak murah.

Biaya pajak dan layanan

Menurut Undang-undang No 29 Tahun 2009 (PDRD), konser juga dikenakan sebagai pajak hiburan sesuai tempatnya dilangsungkan. Jika konser Coldplay di Jakarta maka pajaknya sesuai dengan Peraturan Daerah DKI Jakarta No 3 Tahun 2015, tarif pajak untuk konser terbagi menjadi tiga kategori:

Konser Lokal: 0 persen

Konser Nasional: 5 persen

Konser Internasional: 15 persen

Dengan begitu harga tiket Coldplay yang memang sudah dipatok cukup mahal jadi semakin mahal. Berikut harga tiket Coldplay usai dikenakan pajak 15% dan biaya layanan 5%:

Ultimate Experience (CAT 1) Rp11 juta menjadi Rp13,2 juta

My Universe (Festival) Rp5,7 juta menjadi Rp6,84 juta

CAT 1 (Numbered Seating) Rp5 juta menjadi Rp6 juta

Festival (free standing) Rp3,5 juta menjadi Rp4,2 juta

CAT 2 (Numbered Seating) Rp4 juta menjadi Rp4,8 juta

CAT 3 (Numbered Seating) Rp3,25 juta menjadi Rp3,9 juta

CAT 4 (Numbered Seating) Rp2,5 juta menjadi Rp3 juta

CAT 5 (Numbered Seating) Rp1,75 juta menjadi Rp2,1 juta

CAT 6 (Numbered Seating) Rp1,25 juta menjadi Rp1,5 juta

CAT 7 (Numbered Seating) Rp1,25 juta menjadi Rp1,5 juta

CAT 8 (Numbered Seating) Rp 800 ribu menjadi Rp960 ribu

Walaupun sudah semahal itu, dan sempat juga dikeluhkan banyak orang, tetap saja tiket konser Coldplay habis terjual, padahal konser Coldplay Music of The Spheres World Tour masih November mendatang.