Awal Terbentuk Dan Bubarnya The Beatles

Sobat Vero pastinya sudah tidak asing lagi mendengar nama The Beatles. Yap, The Beatles merupakan band asal Inggris yang dibentuk di Liverpool pada tahun 1960. Band yang awalnya beraliran rock ini menjadi pemusik tersukses dan paling banyak mendapat pujian dalam ranah musik populer.

Sejarah The Beatles

Bermula dari The Quarrymen, grup milik John Lennon yang saat itu berumur 16 tahun, akan tampil di sebuah gereja. John dikenalkan oleh pemain bass The Quarrymen dengan Paul McCartney untuk mengisi posisi pemain gitar.

Paul McCartney yang gugup saat melakukan pertunjukan pertamanya, diganti oleh George Horrison. Pada Jannuari 1959, drummer The quarrymen meninggalkan John, Paul dan George untuk melanjutkan kuliah. Tanpa drummer, setiap pertunjukan menggunakan nama John and the Moondogs.

Tak lama kemudian, Stuart Sutcliffe bergabung dan mengusulkan nama “Beetles” sebagai nama band mereka. Sebelum menjadi The Beatles, group ini mengalami beberapa kali perubahan nama. Mulai dari Silver Beetles, Silver Beatles dan menjadi The Beatles.

Singkat cerita dari adanya pergantian anggota, pada 4 September The Beatles melakukan rekaman pertama dengan Ringo Starr yang berjudul Love Me Do, Please Please Me dan P.S. I Love You. Lagu Love Me Do lah yang berhasil mendapat posisi ke-17 lagu Record Retailer.

Kesuksesan Band The Beatles

11 Februari 1963 menjadi momen yang paling penting karena The Beatles berhasil merekam 10 lagu untuk album pertama mereka, Please Please Me.

Album ini menempati posisi pertama di semua tangga lagu Inggris, namun untuk Record Retailer mendapatkan posisi kedua. Karena album pertamanya itu, The Beatles mendapatkan ketenaran yang luar biasa. Apalagi anggota yang lucu ini mendapatkan sorotan media, hingga memiliki penggemar yang diberi nama “Beatlemania”.

Pada tahun 1964, The Beatles debut di Amerika dalam Ed Sullivan Show, yang disaksikan sekitar setengah populasi Amerika Serikat, bisa dibilang 74 juta penonton lho! Di tahun yang sama pun, lagu The Beatles menempati lima posisi teratas dalam tangga lagu di Amerika dan memulai tur dunia pertamanya.

Pada 1966, Tur di Amerika tersebut pun harus diberhentikan karena alasan kelelahan mereka. Sekaligus menjadi akhir tur tiga tahun mereka yang berhasil tampil dalam 1.400 konser tanpa jeda. Wah, keren banget ya Sobat Vero.

Bubarnya The Beatles

Salah satu alasan yang menjadi pecahnya band The Beatles adalah meninggalnya Brian Epstein, manajer The Beatles. Banyak juga alasan lainnya, seperti Paul McCartney yang terlalu mendominasi hingga dimusuhi rekan-rekannya. John yang kecanduan heroin hingga perselisihan siapa yang mengurus finansial band.

Tepat 20 September 1968, John Lennon meninggalkan The Beatles. Pada 31 Desember 1970 pun menjadi puncak karir The Beatles karena Paul mengajukan pembubaran kontrak band ini. Hal tersebutlah yang menjadi sebab pecahnya persahabatan antara John dan Paul.

Saat musim panas 1973 hingga awal 1975, hubungan keduanya membaik saat John mengasingkan diri dari dunia musik. John juga mengaku pada wartawan bahwa dirinya dengan Paul kembali bermain musik bersama. Pada 8 Desember 1980, John pun tewas karena ditembak mati oleh David Chapman, penggemarnya sendiri di New York.

Paul sangat terkejut dan sedih mendengar berita tersebut. Paul juga mengaku kalau dirinya sering bertemu John dalam mimpinya.

Tak hanya itu, Pada 2001, George Harrison, dinyatakan meninggal dalam usia 58 tahun karena kanker paru-paru.

Kini personel The Beatles yang masih hidup ialah Paul McCartney (81 tahun) dan Ringo Starr (83 tahun). Drummer dan bassist dari The Beatles itu masih tampak bugar dan sehat bagaikan baru menginjak umur 50 tahun. Bahkan, penampilan fisik Ringo Starr terlihat lebih bugar dana wet muda dibandingkan Paul yang aslinya lebih muda dua tahun dari Ringo.