Sinopsis The Pope’s Exorcist, Pengusir Iblis Andalan Vatikan.

The Pope’s exorcist yang telah tayang di bioskop sejak 7 April 2023 ini dibintangi oleh Russel Crowe yang diangkat dari pengalaman nyata pengusir setan, Pastor Gabriele Amorth, Kepala Eksorsisme Vatikan 1986-2016. Pastor Gabriele telah menangani lebih dari 50 ribu kasus dugaan eksorsisme sepanjang kariernya.

The Pope’s Exorcist, An Exorcist Tells His Story dan An Exorcist: More Stories, adalah sedikit dari sekian buku yang ditulis sendiri oleh Amorth berkaitan pengalamannya menghadapi godaan iblis dan setan.

Kedua buku tersebut menginspirasi Michael Petroni, R. Dean McCreary, dan Chester Hastings untuk cerita The Pope’s Exorcist yang kemudian naskahnya ditulis oleh Michael Petroni dan Evan Spiliotopoulos.

Film ini mulai diproduksi pada 2020 setelah Screen Gems membeli hak atas kisah-kisah Amorth yang meninggal dunia pada 2016. Syutingnya sendiri dimulai Agustus hingga Oktober 2022 di Irlandia.

Sinopsis The Pope’s Exorcist

Pastor Gabriele Amorth (Russel Crowe) sebagai Kepala Eksorsisme Vatikan menerima perintah dari Sri Paus untuk memeriksa biara di Spanyol pada 1987. Perintah itu datang setelah ia disidang oleh sebuah panel yang merasa bahwa posisi Kepala Eksorsisme tidak lagi diperlukan lantaran iblis hanyalah ada dibenak manusia semata.

Apalagi, mayoritas kasus yang diterima Amorth bukan mengenai eksorsisme. Meski begitu, Amorth pun menentang keinginan panel tersebut karena iblis adalah nyata di dunia ini.

Sementara di Spanyol, Julia, diperankan oleh Alex Essoe, beserta dua anaknya yakni Amy, diperankan oleh Laurel Marsden, dan Henry, diperankan oleh Peter DeSouza-Feighoney, tengah sibuk merenovasi sebuah biara tua peninggalan mendiang suaminya.

Suasana biara yang begitu seram membuat para pekerja merasakan ada hal yang aneh, bahkan sempat terjadi ledakan gas yang membuat mereka tak mau melanjuti pekerjaan.

Pada saat yang bersamaan, Henry tiba-tiba jatuh sakit dan menunjukkan adanya gejala kesurupan. Julia pun memanggil pastur setempat, Esquibel, diperankan oleh Daniel Zovatto, untuk membantunya.

Ternyata, setan yang merasuki Henry tidak menginginkan pastur Esquibel, melainkan ingin yang lain untuk dijadikan lawan. Bahkan Esquibel dilempar jauh hingga tak berdaya, lalu melaporkan ke Vatican.

Akhirnya Paus memerintakan Amorth untuk datang ke biara menyeramkan tersebut. Saat tiba di depan biara yang berada di pedalam itu, Amorth merasa ada aura yang ganjil.

Esquibel pun menyambut Amorth lalu mengenalkannya pada Julia. Saat dipersilahkan untuk mengecek keadaan Henry, Amorth tersadar bahwa kasus ini bukan kasus sembarangan dan berkaitan dengan masa lalu Vatican yang juga menguji keimanannya.

Lantas, berhasilkah Amorth menghadapi iblis yang ada di dalam tubuh Henry? Apakah iman Amorth teruji kembali?

Saksikan keseruan dan ketegangan Amorth menghadapi iblis di Netflix sekitar Agustus atau September 2023 ya Sobat Vero.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20230407114712-220-934801/sinopsis-the-popes-exorcist-ujian-pengusir-setan-andalan-vatikan/2