Bahaya Impostor Syndrome, Kenali Ciri-cirinya Segera!

Pernahkah Sobat Vero mendengar istilah Impostor Syndrome? Atau jangan-jangan kalian saat ini tengah merasakan gejala – gejala Impostor Syndrome? Impostor Syndrome atau sindrom penipu adalah istilah psikologi yang menggambarkan kondisi psikologis seseorang yang sering merasa ragu pada dirinya atau bahkan tidak pantas untuk sukses. Agar lebih pasti, simak beberapa ciri – ciri Impostor Syndrome yang bisa terjadi pada siapapun!

Impostor Syndrome sesungguhnya kompeten, tapi merasa tak percaya diri untuk melakukan tugas, akhirnya karir akan stuck segitu-gitu saja.

Impostor Syndrome sebenarnya cantik atau tampan, tapi merasa dirinya tidak pantas untuk disayangi, akhirnya terpaksa menerima saat disakiti pasangan.

Impostor Syndrome sebenarnya orang yang cerdas, tapi kerap merasa malas untuk mencoba hal baru dan takut mengeksplor kemampuan dirinya, akhirnya kemampuannya jadi terpendam dan akan terus merasa insecure.

Impostor Syndrome padahal tidak salah dan hanya dikritik, tapi langsung down dan merasa gagal atas semua yang telah dikerjakan, akhirnya memiliki trauma buatan sendiri yang membuatnya takut dan cemas setiap kali ekspektasinya meleset.

Negatifnya para Impostor Syndrome ini membuat dirinya tampil selalu rendah, tidak layak, tidak hebat, gagal dan lainnya. Hal-hal negatif yang ditanamkan oleh dirinya sendiri inilah yang membuat mereka yang mengalami Impostor Syndrome sulit berkembang dan jadi pribadi yang ceria.

Cara melewati Impostor Syndrome

Mau untuk mengakui dirinya hebat, bisa dengan mengirimkan tulisan sejumlah pencapaianmu setiap minggunya atau bahkan setiap harinya melalui email, hal itu akan memicu rasa percaya diri karena merasa diri kalian itu berhak untuk dibanggakan. Selain itu bisa pisahkan antara perasaan gagal, payah, tidak layak dan sebagainya, dengan kenyataan yang sesungguhnya bahwa setiap orang bisa sukses dan punya pencapaian tinggi. Terakhir, berhenti membanding-bandingkan pencapaian kalian dengan orang lain, karena setiap manusia punya garis start dan finish-nya masing-masing!

Semoga Sobat Vero tidak ada yang mengalami ciri – ciri Impostor Syndrome di atas ya. Namun, jika saat ini Sobat Vero sedang mengalami Impostor Syndrome, cobalah beberapa cara untuk melewatinya agar segera jadi pribadi yang lebih positif.

 

Sumber: Instagram @ibunda.id

https://www.popmama.com/big-kid/10-12-years-old/jemima/meragukan-diri-sendiri-kenali-imposter-syndrome-pada-remaja?page=all