7 Film Dengan Biaya Produksi Termahal, Dari Avengers Hingga Harry Potter

harry-potter-film

Menjadi penonton film bisa dibilang nyaman karena hanya perlu menikmati isi cerita, kualitas pengambilan gambar, hingga pemilihan aktor. Namun penonton sering lupa mempertanyakan berapa budget atau biaya produksi dalam membuat film hingga menjadi populer.

Contohnya ada film Avengers serta Harry Potter yang tercatat memakan biaya produksi yang cukup mahal. Tapi apakah hanya itu saja? Berikut 7 film dengan biaya produksi termahal.

  1. Harry Potter and the Half Blood-Prince (2009)

Film keenam dari serial film Harry Potter ini dikatakan memakan banyak biaya hingga USD 292 juta. Meski menghabiskan banyak biaya, pendapatan kotor dari film ini sebanyak 934,5 juta dolar AS.

  1. Fast X (2023)

Fast X atau Fast and Furious 10 juga menghabiskan banyak biaya dalam proses produksinya. Film ini dikatakan menghabiskan biaya sebesar USD 340 juta. Film aksi ini cukup populer dan dibintangi oleh aktor terkenal seperti Vin Diesel, Jordana Brewster, dan Tyrese Gibson.

  1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (2011)

Film petualangan aksi yang ikonik ini juga menjadi film yang dibuat dengan biaya produksi termahal. Total yang dihabiskan dalam pembuatan film ini ialah sebesar 376,5 dolar AS.

Jika ditotal dengan biaya pemasaran, film ini menembus angka sekitar 400 juta dolar AS. Namun meski menghabiskan biaya yang banyak, timbal baliknya juga memuaskan. Film yang disutradarai Rob Marshall ini sukses dengan menghasilkan 1 miliar dolar AS.

  1. Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame menjadi film dengan biaya produksi terbesar per Mei 2023. Film yang rilis di Indonesia pada 24 April 2019 itu diestimasikan memakan biaya hingga USD 356 juta.

Untungnya pendapatan dari film ini memuaskan yaitu sebesar USD 2,80 miliar di seluruh dunia. Pada minggu pertama saja, film ini dapat mengumpulkan penghasilan kotor sebanyak USD 357 juta.

  1. Pirates and the Caribbean: At World’s End (2007)

Sebelum film lanjutannya di tahun 2011, ternyata Pirates and the Caribbean: At World’s End juga memakan banyak biaya, yaitu senilai 300 juta dolar AS. Namun pendapatannya sampai tiga kali lipat. Film paling laris pada zamannya itu mendapat pendapatan sekitar 961 juta dolar AS.

  1. Avatar: The Way of Water (2022)

Avatar: The Way of Water merupakan film lanjutan dari Avatar yang banyak ditunggu penggemar. Film ini ternyata menghabiskan biaya hingga USD 350 juta. Adapun film ini meraup pendapatan kotor sebesar USD 2,32 miliar.

  1. John Carter (2012)

Film yang diproduksi oleh Walt Disney ini memakan biaya produksi sebesar USD 306 juta. Namun sayangnya, meski diproduksi oleh rumah produksi yang populer, film ini tidak menjadi hits.

Film arahan Andrew Stanton ini hanya mampu mendapatkan penghasilan kotor sebanyak 264,1 juta dolar AS di seluruh dunia.