Merasa Kesepian Lebih Berbahaya Daripada Merokok 15 Batang Per Hari!

Tahukah Sobat Vero kalau ternyata secara medis kesepian bisa berakibat fatal bagi kesehatan? Simak selengkapnya di bawah ya.

Berdasarkan data dari US Surgeon Heneral menyebutkan bawah kesepian lebih berbahaya daripada merokok 15 batang sehari.

Riset yang dilakukan profesor psikologi Universitas Birmingham Young juga mengatakan bahwa kesepian dua kali lebih bahaya bagi kesehatan fisik maupun mental.

Dari laporan Kaiser Family Foundation yang diterbitkan pada tahun 2018 menemukan jika kesepian membuat orang berperilaku buruk. Kebiasaan buruk tersebut dapat memengaruhi kesehatan.

Orang yang merasa kesepian mengalihkan perasaan itu ke 43% makanan, 34% merokok, dan 21% menggunakan alcohol atau obat-obatan untuk menenangkan perasaan mereka. Padahal faktor gaya hidup memainkan peran kunci pada kesehatan.

Tidak hanya itu, kesepian juga membuat orang lebih sensitif terhadap rasa sakit, mengganggu tidur, menekan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi fungsi otak. Hal itu bisa meningkatkan peradangan dan tingkat penyakit jantung serta menurunnya cara berpikir maupun daya ingat yang biasanya terjadi pada lansia (Demensia).

Walaupun kita tidak bisa mengontrol apa yang akan terjadi, namun kita bisa mencoba untuk berdamai dalam situasi kesepian agar bisa mencegah dampak buruk tersebut.

 

Sumber: https://lambeturah.co.id/kesepian-lebih-berbahaya-dengan-merokok-ini-faktanya